Hanura Merapat

Hanura Merapat

Ketua TPP Partai Hanura, Perdinand Nainggolan menunjukkan rekomendasi untuk pasangan Seri Marawiyah dan Agus Tantomo, Selasa (14/7).

Tanjung Redeb,Disway – DPC Hanura Berau akhirnya menentukan arah politik di pilkada 2020 di Bumi Batiwakkal, dengan mendukung pasangan Seri Marawiah dan Agus Tantomo, yang merupakan kader dari Partai Golkar dan NasDem.

Ketua Tim Penjaringan Cabang (TPC) Partai Hanura Berau, Hendra Gunawan mengatakan, partai binaan Oesman Sapta Odang (OSO) ini telah melalui proses yang sangat panjang, sampai akhirnya memutuskan untuk mendukung Seri Marawiah-Agus Tantomo, sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Berau.

“Jadi, Hanura menjadi parpol (partai politik) pertama yang menyatakan dukungan dan berkoalisi di pilkada Desember mendatang,” katanya kepada Disway Berau, Selasa (14/7) kemarin.

Dipaparkan Hendra, setelah melalui tahapan pendaftaran dan melimpahan berkas tiga calon yg mendaftar di Partai Hanura, yakni Muharram (PKS), Agus Tantomo (NasDem) dan Gamalis (PPP), selanjutnya dilaksanakan fid and proper test terhadap bakal calon oleh tim penjaringan pusat (TPP).

Tahapan itu, masing-masing bakal calon memaparkan secara gamblang akan berpasangan dengan siapa dalam kontestasi politik lima tahun pada 9 Desember mendatang. Seperti Muharram maupun Agus Tantomo yang sama-sama awalnya mengincar kader Partai Golkar, yakni Syarifatul Syadiah dan Seri Marawiah.

Sehingga, TPP Partai Hanura menunggu siapa kandidat yang akan direkomendasi partai berlambang pohon beringin, serta pertimbangan lain untuk menyatakan sikap atau menjatuhkan dukungan politik Partai Hanura di pilkada 2020. Hingga akhirnya, rekomendasi diberikan kepada pasangan Seri Marawiah dan Agus Tantomo.

“Proses netral, kami membawa kedua calon lewat fit dan proper test untuk membuka jalur untuk berkomunikasi lebih lanjut (lobi-lobi politik) dengan DPP Partai Hanura. Karena keputusan sepenuhnya berada di pusat,” terangnya.

Selanjutnya, DPC Hanura Berau akan menggerakkan mesin partainya untuk mendukung dan memenangkan pasangan Seri Marawiah-Agus Tantomo.

“Dukungan ini diberikan tanpa syarat apapun, tidak ada deal tertentu. Kami hanya menjalankan hasil keputusan yang dikeluarkan DPP Hanura untuk kami laksanakan,” jelasnya.

Hendra menambahkan, setelah peta politik Berau semakin jelas, pihaknya berharap agar tetap kondusif dan damai.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Muharram dan Gamalis, yang telah memberikan kepercayaan untuk diusung oleh Partai Hanura, akan tetapi belum berjodoh.

“Kami (Partai Hanura) mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap kedua putra terbaik Berau yang ingin memajukan Berau,” pungkasnya.

Sementara, beredar kabar Partai Demokrat juga telah menjatuhkan dukungan kepada salah satu pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di pilkada 2020. Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua I DPC Demokrat Berau, Edi Santoso belum bisa memberikan pernyataan terkait kabar tersebut.

“Informasinya seperti itu, tapi kami belum terima salinannya siapa calon yang mendapatkan rekomendasi. Kalau sudah ada, pasti akan kami publikasikan,” ucapnya. */JUN/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: