Jokowi Dukung Putranya Bertarung di Pilkada Solo

Jokowi Dukung Putranya Bertarung di Pilkada Solo

Jakarta, Nomorsatukaltim.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang. Pilkada kali ini meliputi pemilihan sembilan gubernur, 224 bupati, dan 37 pemilihan wali kota. Partai sudah bersiap menyusun jagoan mereka untuk bertarung di pilkada tersebut.

Sejumlah putra dan putri petinggi partai, presiden, dan hingga menteri masuk bursa calon kepala daerah. Di Solo, ada putra Sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Yang digadang-gadang bakal menjadi calon wali kota dari PDIP.

Gibran masih relatif muda. Pria kelahiran 1 Oktober 1987 itu, tahun ini umurnya genap 32 tahun.

Tahun lalu, Jokowi mengaku mendukung putranya bersaing di Pilkada Solo.

“Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung. Jualan martabak saya dukung,” kata Jokowi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat.

Di Kabupaten Kediri muncul nama putra Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana. PDIP Kediri berencana mengusung Hanindhito atau kerap disapa Dhito ini.

Kepada Majalah Tempo, Pramono tak membantah soal ini. Karena penugasan partai, putranya tak bisa menolaknya. “Ini kan tiba-tiba. Kalau istilah orang Jawa, ketiban sampur. Ditugasi,” ujar Pramono.

Dhito pun langsung bergerak. Dalam tiga bulan terakhir, ia kerap bertemu tokoh masyarakat di sana. “Saya bertemu 19 kepala desa di kecamatan Mojo. Beberapa lalu bertemu paguyuban kades,” katanya.

Di Kota Tangerang Selatan, Partai gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengajukan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai calon wakil wali kota. Rahayu atau yang akrab disapa Rara ini adalah kemenakan Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (tmp/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: