Lahan Skadron 13/Serbu Dihibahkan

Lahan Skadron 13/Serbu Dihibahkan

BUPATI Berau Muharram foto bersama Danrem 091/ASN beserta jajaran Forkopimda usai penandatanganan berita acara serah terima hibah lahan Skadron 13/Serbu.

Tanjung Redeb, Disway – Pemerintah Kabupaten Berau, menghibahkan aset daerah kepada Korem 091/Aji Surya Natakesuma. Berupa lahan dan bangunan di lokasi Skadron 13/Serbu.

Penyerahan ditandai dengan penandatanganan Bupati Berau Muharram, bersama Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Jumat (10/7).

Sebelumnya dalam kunjungan kerja Bumi Batiwakkal, Danrem didampingi Bupati Berau, meninjau komplek Skadron 13/serbu yang berada di kawasan Bandar Udara Kalimarau.

Bupati Berau, Muharram, dalam sambutannya mengungkapkan, lahan dan bangunan yang diserahterimakan kepada Korem 091/ASN merupakan lokasi eks terminal Bandara Kalimarau yang kini telah menjadi markas Skadron 13/Serbu.

Serah terima ini, dikatakannya, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Berau kepada jajaran TNI. Pasalnya, dengan penyerahan aset akan lebih memudahkan dalam pengelolaan aset yang ada.

“Jadi dengan lahan ini diserahkan kepada TNI, maka aset ini akan jauh lebih aman, lebih terpelihara dari pemanfataannya,” jelasnya.

Keberadaan Skadron 13/Serbu di Kabupaten Berau, dikatakan Muharram, sangat strategis dalam mendukung keamanan daerah maupun keamanan nasional.

Berau yang memiliki wilayah cukup luas dan ada wilayah yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga, ditegaskannya, perlu mendapat dukungan, termasuk pengamanan wilayah. Serta menangkal segala ancaman bagi daerah ini, seperti ancaman peredaran narkoba yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

Penyerahan hibah, bukan berarti aset akan berpindah ke pusat. Akan tetapi aset ini akan tetap berada di Bumi Batiwakkal. Hanya saja pengelolaan dan tanggungjawabnya yang diserahkan kepada instansi yang memanfaatkan.

Tidak hanya kepada Korem 091/ASN, dijelaskan Muharram, Pemkab Berau juga telah memberikan hibah lahan kepada beberapa instansi vertikal yang ada di Kabupaten Berau.

“Ini sebagai bentuk dukungan kita kepada seluruh instansi yang memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Untuk itu, aset yang diserahterimakan lokasi Skadron 13/Serbu kepada Korem 091/ASN adalah lahan seluas kurang lebih 8,6 hektare, serta bangunan gedung VIP eks terminal lama dan juga gedung klinik kesehatan di eks terminal lama Bandara Kalimarau.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Berau kepada TNI, khususnya kepada jajaran Skadron 13/serbu dengan menghibahkan aset berupa lahan dan bangunan di lokasi Skadron 13/Serbu. Keberadaan skadron di kabupaten ini dengan pertimbangan penuh dan diharapkan mendapat dukungan agar bisa optimal.

“Kami dari institusi TNI, khususnya Angkatan Darat menyampaikan terima kasih atas dukungan dengan serah terima aset ini dari Pemkab Berau dan ini menjadi tanggung jawab bagi Skadron untuk bisa dimanfaatkan dengan optimal,” tegasnya. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: