Jalani 12 Kali Swab Test, Pasien Terakhir COVID-19 Klaster Gowa di Kukar Sembuh

Jalani 12 Kali Swab Test, Pasien Terakhir COVID-19 Klaster Gowa di Kukar Sembuh

Kukar, DiswayKaltim.com - Penyebaran kasus COVID-19 dari Klaster Ijtima Ulama Gowa akhirnya terputus. Setelah pasien dengan kode KK-20 usia 19 tahun dari Kecamatan Kenohan dipastikan sembuh per hari Rabu (24/6/2020). Hal ini dipastikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara Martina Yulianti.

"Yang ditunggu-tunggu (kesembuhan) KK-20 telah menjalani 57 hari," ucap Martina.

Selama hampir dua bulan menjalani masa isolasi di Wisma Atlet Kukar. menjalani 12 kali swab tenggorok atau Polymerase Chain Reaction (PCR). Dalam perjalanannya, tes swab tenggorok yang keenam menunjukkan hasil negatif.

Namun karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih mengadopsi aturan yang menyatakan pasien dikatakan sembuh setelah dua kali tes swab tenggorok hasil negatif, membuat KK-20 harus bersabar lebih lama lagi. Hal ini dikarenakan tes swab tenggorok KK-20 yang ketujuh hingga kesepuluh hasilnya masih positif.

Tetapi Martina menjelaskan jika ada aturan baru dari induk organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan aturan baru. Menyatakan pasien dinyatakan sembuh meskipun baru satu kali negatif dari hasil tes swab tenggorok.

"Jadi kita harus menunggu lagi negatif dua kali (berturut-turut), makanya swab ke-11 dan ke-12 yang negatif. Alhamdulillah ya," ujar Martina, lagi.

Dari sekian kasus positif COVID-19 yang terjadi di Kutai Kartanegara, Martina menyebut kasus KK-20 memang agak berbeda dibanding kasus-kasus lainnya. Karena lamanya masa kesembuhan pasien tersebut. Untuk itu, tim medis RSUD AM Parikesit Kukar juga melakukan pemeriksaan beberapa hal. Seperti memeriksa antibodi yang bersangkutan. Yakni Immunoglobulin G (IgG) dan Immunoglobulin M (IgM).

"Kalau yang lain standar-standar saja," tutup Martina. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: