Israel Tingkatkan Blokade, Satu Juta Pengungsi Palestina di Jalur Gaza Terancam Kelaparan

Israel Tingkatkan Blokade, Satu Juta Pengungsi Palestina di Jalur Gaza Terancam Kelaparan

Jalur Gaza, Diswaykaltim.com - Sudah jatuh tertimpa tangga. Begitulah yang kini dialami oleh para pengungsi Palestina di Jalur Gaza. Derita akibat konflik tak berkesudahan semakin diperburuk dengan berkurangnya pasokan pangan di pengungsian.

Sekitar satu juta pengungsi Palestina di Gaza menghadapi kekurangan pangan. Karena Israel terus memblokade dan memangkas dana global. Dari badan PBB bagi para pengungsi Palestina.

Dalam sebuah pernyataan pada Hari Pengungsi Dunia, ketua Popular Committee to End Gaza’s Seige, Jamal al-Khoudary mengatakan, penurunan dukungan yang nyata dari para donor telah memiliki dampak serius pada para pengungsi Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yerusalem, dan negara-negara Arab lainnya.

Ia mengatakan, keputusan AS untuk menghentikan dana yang nilainya diperkirakan sekitar 360 juta dolar per tahun untuk UNRWA (Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat) dua tahun lalu telah sangat berdampak pada operasi badan tersebut.

Selain itu, ia juga mengatakan, blokade Israel di Gaza sejak 2006 telah mengakibatkan melonjaknya tingkat kemiskinan dan pengangguran di wilayah yang dikepung. (mc/qn)

Sumber Berita: https://www.moeslimchoice.com/read/2020/06/22/36670/akibat-blokade-israel-satu-juta-pengungsi-palestina-di-gaza-alami-kekurangan-pangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: