5,6 Juta Warga Palestina Mengungsi karena Agresi Israel

5,6 Juta Warga Palestina Mengungsi karena Agresi Israel

Yerusalem, Diswaykaltim.com - Menandai Hari Pengungsi Sedunia, Sabtu (20/6/2020), diperkirakan lebih dari 5,6 juta warga Palestina terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebagai pengungsi di berbagai negara. Termasuk Eropa.

Jumlah ini setelah tujuh dekade bencana Palestina. Atau Nakba. Yang dimulai ketika Israel mengusir lebih dari 700.000 warga Palestina. Dari rumah mereka. Pada 1948.

Jumlah pengungsi Palestina itu terdapat di berbagai wilayah. Mulai di Jalur Gaza, Tepi Barat, Yordania, Libanon, Suriah, Turki, Malaysia, Indonesia, beberapa negara Eropa, dan lainnya.

Ratusan ribu pengungsi hidup dalam keadaan yang sangat sulit. Terutama di Suriah dan Libanon. Tanpa prospek solusi yang adil. Untuk nasib buruk mereka.

Kantor Berita WAFA melaporkan, angka itu tidak termasuk puluhan ribu orang Palestina yang melarikan diri ke negara-negara Arab terdekat. Dalam perang Israel 1967. Di wilayah Arab dan Palestina.

Berdasarkan data 2019 dari Biro Statistik Pusat Palestina (PCBS), di Yordania ada 39 persen dari total populasi pengungsi Palestina, Jalur Gaza 25 persen, Tepi Barat 17 persen, Suriah 11 persen, dan Libanon 9 persen. (mn/qn)

Sumber Berita: https://minanews.net/lebih-56-juta-warga-palestina-masih-jadi-pengungsi/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: