Diskominfo PPU Jamin PPDB Online Lancar, Beri Akses Internet ke Semua Sekolah

Diskominfo PPU Jamin PPDB Online Lancar, Beri Akses Internet ke Semua Sekolah

PENAJAM, DiswayKaltim.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) menjamin pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tidak kesulitan jaringan internet.

Sebab, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan Internet (provider) untuk melancarkan kegiatan secara daring tersebut. Dengan memasang jaringan internet di semua sekolah.

"Saat ini untuk SMP sudah 100 persen. Tapi untuk SD baru sekira 50 persen untuk tahun ini," kata Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso ditemui Disway Kaltim di ruangannya, Kamis (18/6).

Sesuai kerangka acuan kerja dalam perencanaan tahun ini, telah disepakati pemasangan jaringan di 56 SD untuk tahap awal. Sisanya akan menyusul tahun depan.

"Semua sudah tercover jaringan internet. Mulai dari sekolah, kelurahan dan desa, kecamatan, puskesmas sampai tiap SKPD sudah aman," jelasnya.

Untuk diketahui, ada 43 SMP di wilayah PPU. Untuk jumlah SD ada sekira 109. Tingkat SMP baik negeri, madrasah hingga swasta di PPU memiliki kuota maksimal sebanyak 3.488 peserta didik.

Sementara untuk tingkat SD baik negeri maupun swasta memiliki kuota maksimal sebanyak 4.256 peserta didik.

Lebih lanjut, ia mengatakan hampir seluruh daerah di PPU telah terkoneksi Internet. Hanya saja tidak bisa dijangkau melalui fiber optik.

Dalam hal itu pihaknya mencover melalui jaringan satelit. "Anggarannya tahun ini untuk itu Rp 3,7 miliar," ucapnya.

Budi mengatakan hal ini terus dilakukan mengingat saat ini sistem daring sangat dibutuhkan. Khususnya di sektor pendidikan.

"Eranya saat ini sudah online juga. Jadi kita mendorong ke arah itu. Lagipula saat kondisi pandemi seperti ini, akses online sangat dibutuhkan untuk pengajar," ujarnya.

Pun lanjutnya, tidak menutup kemungkinan sistem belajar mengajar akan lebih didorong ke depannya secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: