Dukung Program Belajar dari Rumah, Provider Siapkan Paket Internet Murah

Dukung Program Belajar dari Rumah, Provider Siapkan Paket Internet Murah

Balikpapan, DiswayKaltim.com- Selain ada bantuan pemerintah membeli kuota, beragam paket internet murah bahkan gratis juga disediakan provider telekomunikasi.

Telkomsel selama masa pandemi COVID-19, mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan. Yang didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring e-learning.

Pertumbuhan pelanggan tersebut karena adanya kemudahan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB. Paket yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia yang mencakup aplikasi Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus.

Mass Market Segment Sales Operations Kalimantan Department Asrianto Bakri Sitti mengatakan, Telkomsel memberikan beberapa penawaran menarik bagi dunia pendidikan. Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan lancar.

“Selama masa pandemi berlangsung, ada paket edukasi yang ditawarkan. Ada yang melakukan tatap muka dengan virtual conference atau bentuk lainnya,” katanya saat dihubungi, Selasa (16/6).

Ia mengatakan, dalam sekali pertemuan tatap muka menggunakan daring dibutuhkan 500-600 MB. Jumlah tersebut dengan melihat kapasitas pertemuannya dan paket yang digunakan. “Paling tidak sekali pertemuan itu bisa membutuhkan kuota sekitar 500 sampai 600 MB. Dari kuota itu mengeluarkan biaya sekitar Rp 2.000,” ujarnya.

Dengan jumlah yang dikeluarkan itu, maka pihaknya juga memberikan solusi pada dunia pendidikan agar dengan mudah belajar melalui daring.

Telkomsel juga memperkenalkan layanan CloudX, dengan penawaran paket biaya khusus yang dilengkapi dengan paket redsociety. Yaitu paket khusus data dan Ilmupedia yang bisa mengakses gratis weblearning kampus. "Untuk dapat menggunakan layanan ini, pihak sekolah atau kampus dapat mengajukan kerjasama dengan Telkomsel," ungkapnya.

Pihak sekolah atau kampus nantinya akan mendapatkan account dan password untuk mengakses web. Sehingga bisa menggunakan CloudX untuk membuat meeting atau menjadwalkan meeting yang akan berlangsung.

"Meeting inilah yang nantinya dapat diakses antara dosen dengan mahasiswanya atau guru dengan muridnya untuk kegiatan belajar mengajar secara online," ujarnya.

Dia menjelaskan, Telkomsel menawarkan berbagai macam paket internet untuk dosen dan tenaga pendidikan serta paket untuk mahasiswa. Untuk dosen dan tenaga pendidikan tersedia paket mulai dari 10 GB hingga 50 GB.

"Sedangkat paket untuk mahasiswa, tersedia paket mulai dari 8,1 TB  hingga 31,5 TB. Di mana paket ini bisa digunakan bersama-sama hingga ribuan mahasiswa. Paket internet tersebut terdiri dari kuota regular data yang dapat digunakan untuk mengakses semua aplikasi di semua jaringan, dan kuota CloudX yang hanya dapat digunakan untuk kegiatan belajar secara tatap muka via aplikasi cloudX," tuturnya.

Sementara untuk Kalimantan ada 238 sekolah yang telah menggunakan hal tersebut. Adanya harga paket khusus, layanan memberikan beberapa kelebihan. Khususnya layanan CloudX yaitu mengenai durasi bertatap muka yang tidak terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: