11 Tahanan Polres Kukar yang Reaktif Rapid Test Dipastikan Negatif Corona

11 Tahanan Polres Kukar yang Reaktif Rapid Test Dipastikan Negatif Corona

Kukar, DiswayKaltim.com - Diberitakan sebelumnya bahwa sebanyak 11 tahanan yang berada di Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar), yang melakukan rapid test memiliki hasil reaktif dan samar-samar.

Melihat hasil tersebut, Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara (Kukar) langsung mengambil langkah cepat dan antisipatif. Yakni, dengan melakukan tes swab tenggorokan kepada 11 tahanan tersebut. Tidak lama setelah ditemukan hasil reaktif dan samar-samar.

Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti menjelaskan jika hasil tes swab tenggorokan telah keluar beberapa waktu lalu. "Sudah keluar semua (tes swab) hasilnya negatif, tidak ada yang positif (COVID-19)," jelas Martina pada Disway Kaltim, Selasa (16/6/2020).

Selain itu, Martina menjelaskan setelah adanya alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dimiliki RSUD AM Parikesit Kukar saat ini. Memudahkan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 untuk menetapkan status kesehatan seseorang, apakah dirinya negatif maupun positif.

Sehingga orang-orang yang dicurigai mengarah ke COVID-19 bisa segers dilakukan tes swab tenggorokan. Seperti tahanan Polres Kukar, pedagang pasar dan masyarakat yang saat di rapid test menunjukkan hasil reaktif.

Maupun pasien-pasien yang berada di RSUD AM Parikesit Kukar, khususnya PDP dengan gejala COVID-19 bisa memiliki kejelasan status terkait kesehatannya. Dan apabila meninggal dunia, sudah bisa dipastikan negatif ataupun positif. Tidak seperti awal-awal kasus COVID-19 masuk ke Kukar. Dimakamkan terlebih dahulu dengan cara protokol COVID-19 baru menunggu hasil swab tenggorokan.

"Insya Allah kebijakan yang kita terapkan di RSUD AM Parikesit untuk (tes) PCR mendadak untuk kepentingan diagnosa, kita bisa lakukan jam berapapun," pungkas Martina. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: