New Normal Balikpapan, Kapal Pelni Siap Beroperasi Lagi

New Normal Balikpapan, Kapal Pelni Siap Beroperasi Lagi

Ilustrasi kapal di Balikpapan. (Andi Muhammad Hafizh/DiswayKaltim.com)

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Jelang New Normal PT Pelni (Persero) siap membuka kembali kegiatan operasional untuk mengangkut penumpang dengan syarat, Pelni juga tengah menyiapkan penjualan tiket bagi penumpang yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas.

Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan Yohanes Bane mengatakan, rencananya oprasional kapal pelni akan dimulai pada tanggal 7 Juni mendatang.

"Sesuai dengan surat edaran yang telah kami terima, manajemen akan mempersiapkan armada kapal untuk kembali mengangkut penumpang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan menuju pelabuhan di Jakarta, Surabaya, dan Makassar," ujarnya, saat mendampingi tinjauan Dirlala di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Sabtu (30/5/2020).

Manajemen juga mempersyaratkan kepada penumpang untuk membawa surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan (Diskes) maupun KKP setempat yang menyatakan negatif terpapar COVID-19. Selain itu, manajemen juga memastikan selama kegiatan operasional berlangsung pelaksanaan protokol kesehatan terkait penyebaran virus di atas kapal akan tetap dilaksanakan.

"Kita juga akan membatasi interaksi antara petugas kapal dan penumpang," jelasnya.

Lanjut Yohanes Bane, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan pengelola pelabuhan dan otoritas di pelabuhan sehingga pelaksanaan protokol kesehatan dapat lebih diawasi selama kegiatan operasional berlangsung.

"Pelni kini sedang melakukan sosialisasi kepada seluruh cabang dan kapal terkait pelaksanaan ini. Selain itu, kami telah mengatur pembatasan akses bagi penumpang selama berada di atas kapal serta skema jaga jarak antar penumpang baik itu pada nomor bed ataupun saat pengambilan makan, sehingga tetap melaksanakan prosedur physical distancing selama perjalanan," jelasnya.

Sementara itu disinggung soal armada yang akan dioprasionalkan, Yohanes menjelaskan jika ketiga kapal milik PT Pelni yakni KM Bukit Siguntang, KM Lambelu dan KM Dorolonda telah siap beroprasi penuh menyusul telah dilakukannya sterilisasi kapal-kapal tersebut.

"Ketiganya sudah siap, memang kemaren sempat di dok kan. Karena ada ABK yang reaktif COVID-19. Tapi sudah bersih semua dan aman," jelasnya.

Bagi para calon penumpang pun diminta untuk membeli tiket langsung di kantor cabang PT Pelni dan tidak dilakukan melalui jalur online.

"Oh ya, untuk pembelian tiket langsung dikantor karena kita melihat syarat kesehatan apa sudah terpenuhi atau belum," tegasnya. (Bom/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: