Disnakertrans PPU Kirim 20 Pemuda Dapatkan Pelatihan Welder di Malang

Disnakertrans PPU Kirim 20 Pemuda Dapatkan Pelatihan Welder di Malang

Kepala Disnakertrans Kabupaten PPU, Marjani. (Dok Disway Kaltim)--


Banner 2, Pemkab PPU-Reza-nomorsatukaltim.disway.id

 

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Tak hanya sekadar memfasilitasi para pencari kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juga berupaya membantu meningkatkan keahlian bagi pemuda untuk punya nilai lebih, sehingga mampu bersaing ditengah ketatnya persaingan di dunia kerja.

Teranyar, "menyekolahkan" puluhan pemuda ke Malang, Jawa Timur. Yakni di Indonesia Learning Center (ILC), sebuah lembaga pelatihan mekanik dan operator alat berat profesional.

Hal tersebut dilakukan, selain sebagai upaya agar SDM PPU terserap di dunia pekerjaan dengan memiliki sertifikasi, juga sebagai salah satu upaya dari Disnakertrans menekan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

"Sebanyak 20 anak pemuda kami kirim ke Malang untuk training, agar mendapatkan sertifikasi juru las atau welder" ucap Kepala Disnakertrans Kabupaten PPU, Marjani.

BACA JUGA : Appraisal Pembebasan Lahan Pantai Nipah-Nipah PPU dalam Proses

Itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi agar memiliki keahlian dan melengkapi persyaratan sebagai juru las yang diakui secara nasional.

Ia mengharapkan, setelahnya seluruh pemuda dapat terserap dalam dunia kerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki atau dikuasai.

"Kami berharap kepada peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan sesuai dengan aturan, dan membantu kedepannya untuk mendapatkan pekerjaan," harapnya.

Sejauh ini, pelatihan dengan penempatan di Malang telah berjalan sekira 1 bulan, direncanakan akhir November nanti telah selesai.

"Pelatihannya dua bulan," jelas mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten PPU itu.

BACA JUGA : Pertanian Dijadikan Sektor Andalan di Paser, DPRD Paser Singgung Lahan Tidur

Adapun langkah lain yaitu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk berikan pelatihan peningkatan keahlian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: