Jalan Lintas Kaltim Perlu Rest Area, Akmal Malik Minta Bantuan Forum PPM Minerba

Jalan Lintas Kaltim Perlu Rest Area, Akmal Malik Minta Bantuan Forum PPM Minerba

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengusulkan pembangunan rest area di sejumlah jalan lintas Kaltim.-(Dok. Disway Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, menyampaikan keprihatinannya terkait minimnya fasilitas rest area dan toilet umum di sepanjang jalur darat Kalimantan Timur. 

Dalam kunjungannya ke Desa Samurangau pekan lalu, Akmal menyoroti sulitnya menemukan fasilitas publik yang memadai bagi para pengguna jalan di jalur lintas Penajam menuju Paser.

"Belum sejahtera kita, kalau rakyat masih kencing di bawah pohon. Mohon maaf ini seharusnya tugas pemerintah untuk membuat masyarakat nyaman dan bahagia," ujar Akmal dengan nada sindiran, kala itu.

Akmal menegaskan bahwa pemerintah, sedianya memiliki tanggung jawab untuk menyediakan fasilitas umum yang nyaman bagi masyarakat. 

BACA JUGA: Pasar Butuh Penambahan Fasilitas, Pemkab Berau Upayakan Harga Sembako Stabil

BACA JUGA: Gunung Loa Duri Sering Terjadi Kecelakaan, Begini Upaya Antisipasi Polsek Loa Janan 

Keluhan tersebut juga menjadi pemicu baginya untuk menantang Forum Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Minerba Kaltim, yang baru dilantik sebulan lalu.

Akmal berharap, PPM Minerba Kaltim turut berkontribusi dalam membangun sejumlah rest area di berbagai jalur darat di Kalimantan Timur.

Dukungan Pemegang IUP

Dalam pertemuan dengan 23 pimpinan perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Plataran Menteng, Jakarta, Rabu (16/10/2024), Akmal menyampaikan rasa gembira.

Sebab, usulan pembangunan rest area mendapat dukungan penuh dari para pelaku industri pertambangan. 

BACA JUGA: Saksikan Event Hudoq Pekayang di Mahulu! Sudah Masuk Pariwisata Nasional

BACA JUGA: Maratua Jazz Dive and Fiesta 2024 Usung Konsep Berbeda

Semua pihak sepakat bahwa rest area sangat diperlukan oleh para pengguna jalan, terutama di lintasan panjang dan terpencil.

“Saya bahagia sekali karena usul saya disetujui dan didukung penuh. Hari ini para presiden direktur perusahaan pemegang IUP semuanya mendukung pembangunan rest area,” ungkap Akmal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: