Gunung Loa Duri Sering Terjadi Kecelakaan, Begini Upaya Antisipasi Polsek Loa Janan

Gunung Loa Duri Sering Terjadi Kecelakaan, Begini Upaya Antisipasi Polsek Loa Janan

Jajaran Polsek Loa Janan, bersama Dishub Kukar dan pihak terkait meninjau lintasan Gunung Loa Duri, di Loa Duri Ilir, kecamatan Loa Janan.-istimewa-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM – Tanjakan Gunung Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Kapolsek Loa Janan, AKP Iswanto melalui Kanit Lantas Polsek Loa Janan, Ipda Abdul Hakim pun menjelaskan penyebabnya.

Tanjakan ini selalu menimbulkan kecelakaan, terutama bagi kendaraan berbadan besar. Ipda Abdul Hakim menjelaskan salah satu penyebabnya adalah kondisi kendaraan yang sudah tua dan kurang siap menghadapi tantangan medan berat. Ditambah muatan berlebih yang sering kali melebihi kapasitas (overload).

Ia juga menyampaikan bahwa kecelakaan di area Gunung Loa Duri Ilir sudah menjadi perhatian serius. Kendaraan berat yang bermasalah di jalan tanjakan sering kali gagal menanjak. Bahkan menyebabkan kemacetan panjang, termasuk kecelakaan.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Amblas di Loa Kulu, Ditarget Selesai Akhir Tahun 2024

BACA JUGA:Berpotensi jadi Sumber Penyebaran Penyakit, Perangkat Kelurahan Panji Lakukan Pembersihan Rumah Warga

“Kendaraan besar yang sudah tua, muatan berlebih, dan kurangnya pemahaman pengemudi terhadap medan tanjakan menjadi faktor utama kecelakaan,” jelas Hakim.  

“Kadang mobil yang tua itu masuk angin di tengah tanjakan, sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan, bahkan mundur dan membahayakan pengendara lainnya," tambahnya.

Teranyar, pada Senin (14/10/2024) lalu, sejumlah pihak terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Dirlantas Polda Kaltim, Polres Kutai Kartanegara dan Dinas PU Bina Marga, menyambangi lokasi tersebut untuk melihat kondisi jalan secara langsung.

BACA JUGA:Per Hari ini, Operasi Zebra Mahakam 2024 di Kukar Resmi Dimulai

BACA JUGA:Perkara Utang, Seorang Perempuan Ditahan Polsek Loa Janan karena Terbukti Menganiaya

Pasalnya, sebelum itu, telah terjadi kecelakaan di Gunung Loa Duri Ilir. Dimana sebuah truk tangki bermuatan CPO, mundur dan mengenai salah satu kediaman warga.

Naasnya lagi, satu warga harus meninggal dunia di tempat akibat kecelakaan itu.

Hakim mengungkapkan kalau dirinya sudah sering bersurat kepada pihak terkait mengenai kondisi jalan tersebut.

Ia juga memaparkan berbagai langkah yang telah diambil untuk mengurangi risiko kecelakaan. Salah satunya memperbanyak rambu-rambu tambahan di titik rawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: