Pemkab Mahulu Luncurkan 'RAKIT OPD' untuk Evaluasi Penyusunan Program Pembangunan

Pemkab Mahulu Luncurkan 'RAKIT OPD' untuk Evaluasi Penyusunan Program Pembangunan

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh saat meluncurkan penilaian RAKIT OPD (Iswanto/Disway Kaltim)--

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) meluncurkan Penilaian Rapor Kinerja Tahunan OPD (RAKIT OPD), dan dihadiri kepala dan perwakilan OPD di Lingkungan Pemkab Mahulu. 

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh menjelaskan, peluncuran rapor kinerja tahunan ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat komitmen pemerintah dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, serta kinerja pelayanan publik di Kabupaten Mahakam Ulu.

BACA JUGA : Pemuda Tenggarong Menjadi Otak Pembakaran, Dipicu Sakit Hati

Menurutnya, peluncuran ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang telah digelar pada 20 September lalu, yang membahas terkait penyusunan pedoman penilaian rapor kinerja tahunan OPD. 

“Rapor kinerja tahunan ini adalah cermin dari kinerja kita. Ini menunjukkan seberapa baik kita bekerja dan sejauh mana target yang kita tetapkan berhasil dicapai,” jelas Bonifasius, Kamis (10/9/2024).

Kata Bonifasius, penilaian kinerja bukan hanya tentang jumlah program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, tetapi juga mengenai dampak nyata yang dirasakan masyarakat.

BACA JUGA : Butuh 125 Petugas, KPU Balikpapan Prioritaskan Warga Lokal untuk Sortir Surat Suara

“Rapor kinerja ini diharapkan menjadi instrumen evaluasi yang efektif, sekaligus panduan untuk melihat area yang perlu ditingkatkan serta langkah perbaikan yang harus dilakukan,” ujarnya.

Bupati dua periode itu juga mengapresiasi Bagian Pemerintahan Setkab Mahulu atas terselenggaranya peluncuran rapor kinerja ini.

Dengan harapan agar seluruh OPD di Mahulu benar-benar memanfaatkan rapor ini sebagai acuan dalam menyusun strategi yang lebih baik.

Kemudian, ia juga mendorong adanya peningkatan efisiensi dan kolaborasi antar OPD demi tercapainya tujuan pembangunan daerah.

BACA JUGA : Pemkab Mahulu Usulkan APBD Perubahan 2024 Senilai RP 2,7 Triliun

Selanjutnya, Bupati Bonifasius meminta bidang terkait untuk segera melakukan sosialisasi penggunaan penilaian rapor kinerja kepada seluruh OPD, sehingga semua jajaran memahami dan menerapkan evaluasi dengan baik.

"Lakukan evaluasi rutin terhadap pelaksanaan program dan kegiatan guna memastikan apa yang telah kita rencanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: