Pemkab Mahulu Usulkan APBD Perubahan 2024 Senilai RP 2,7 Triliun

Pemkab Mahulu Usulkan APBD Perubahan 2024 Senilai RP 2,7 Triliun

DPRD bersama Pemkab Mahulu foto bersama usai rapat paripurna (Iswanto/Disway Kaltim)--

MAHKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) mengusulkan nominal APBD-Perubahan 2024 sebesar Rp 2,7 Triliun dari Rp 2,45 triliun. 

Hal ini disampaikan Sekda Mahulu, Stephanus Madang dalam rapat paripurna di DPRD Mahulu dengan agenda penyampaian jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja tahun anggaran 2024, Rabu (9/10/2024).

Stephanus Madang menjelaskan, tahap selanjutnya setelah paripurna itu yakni menyampaikan usulan nominal APBD-Perubahan ke Pemprov Kaltim untuk dilakukan evaluasi.

Kemudian, setelah mendapatkan evaluasi dari Pemprov Kaltim, Pemkab Mahulu akan menyelaraskan nominal tersebut dan selanjutnya dilakukan penetapan bersama DPRD melalui rapat paripurna. 

“Target kita sebelum akhir Oktober 2024 ini sudah bisa ditetapkan, sehingga tidak ada keterlambatan dalam penyerapan anggaran,” kata Stephanus Madang kepada NOMORSATUKALTIM

Kata Stephanus, prioritas dalam APBD-P ini adalah belanja operasi untuk keperluan gaji, tunjangan dan operasional kantor.

Kemudian, alokasi anggaran juga diarahkan untuk menyelesaikan beberapa utang pembangunan yang tersisa dari tahun-tahun sebelumnya, dengan harapan bisa diselesaikan sebelum akhir masa jabatan Bupati Bonifasius Belawan Geh.

Selain itu, dampak bencana banjir juga menjadi perhatian utama dengan alokasi anggaran sebesar Rp 27 Miliar untuk bantuan kepada 5 kecamatan yang terdampak banjir serta 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdampak musibah banjir pada bulan Mei lalu.

Menurutnya, di 11 OPD tersebut sebagian besar sarana dan prasarana seperti meja, kursi hingga komputer tidak layak dipakai lagi, setelah terendam banjir beberapa waktu lalu. 

“Jadi nanti itu semua yang akan menjadi prioritas dan kita alokasikan anggaran. Kami berharap banjir yang terjadi Mei 2024 lalu tidak terulang lagi, namun kami tetap mengantisipasi hal tersebut," ujar Madang.

Sementara itu, wakil ketua sementara DPRD Mahulu, Nor Lili Bulan mengaku sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Pemkab Mahulu.

Menurutnya, anggaran yang diusulkan untuk APBD Perubahan 2024 ini sudah dilakukan persetujuan bersama dengan DPRD.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini dan berharap kerjasama yang baik  antara DPRD dengan pemerintah terus meningkat, terutama untuk mempercepat keputusan ini mengingat pentingnya kemajuan Mahakam Ulu di masa depan,” ungkap Politisi PAN Mahulu itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: