Pemkab PPU Siap Tunjang Infrastruktur Sekitar Bandara VVIP IKN

Pemkab PPU Siap Tunjang Infrastruktur Sekitar Bandara VVIP IKN

Pj Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin. -awal/disway-

Tetapi jadi subjek dari pembangunan dari proyek strategis nasional itu. Seperti dengan prioritas pekerjanya dari warga PPU. Selain itu, pihaknya mengupayakan produk-produk olahan masyarakat atau hasil industri rumahan dapat dipajang dan dijual di bandara.

"Untuk produk UMKM masuk Bandara VVIP IKN sudah ada kami usulkan, dan kita pokoknya punya booth nantinya," terang Zainal.

BACA JUGA:Konsorsium Nusantara Sukses Bangun Hotel Nusantara di IKN

BACA JUGA:Jokowi Tegaskan IKN Adalah Keputusan Seluruh Rakyat

Tak hanya untuk tamu-tamu negara saja, bandara itu juga akan dibuka untuk masyarakat umum. Sekadar diketahui, Bandara VVIP IKN mengikuti konsep IKN sebagai green city yang mempertahankan kehijauan alam.

Selain itu, peduli etika lingkungan dengan mengusung konsep Aerotropolis  - kota cerdas yang terintegrasi dengan sarana transportasi modern, seperti kereta bandara, Mass Rapid Transit (MRT) yakni moda raya terpadu, Light Rail Transit (LRT) dan bus feeder shuttle autonomous (tanpa awak).

Bandara itu memiliki luas area terminal 7.350 meter persegi ditambah luas area bandara 347 hektare. Konsep desain terminal memadukan unsur kearifan lokal dengan menonjolkan budaya Kalimantan, serta berorientasi ramah lingkungan.

Runway sepanjang 3 ribu meter dan lebar 45 meter. Dapat didarati oleh pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: