Balikpapan Fest 2024, Jumlah Pengunjung Lampaui Target

Balikpapan Fest 2024, Jumlah Pengunjung Lampaui Target

Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma.-(Disway/Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM- Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mengungkapkan, bahwa Balikpapan Festival (BPN Fest) 2024 yang diselenggarakan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome berhasil menarik lebih banyak pengunjung dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Kami menargetkan kehadiran 20 ribu orang, namun angka tersebut telah terlampaui, bahkan mencapai 30 ribu pengunjung," ujar Ratih saat memberikan keterangan di Balikpapan, Kamis (3/10/2024).

Peningkatan signifikan ini, lanjutnya, mencerminkan tren positif perkembangan acara setiap tahunnya.

Ratih menjelaskan bahwa pada BPN Fest 2023 lalu, yang berlangsung selama tiga hari, jumlah pengunjung mencapai 17 ribu. Namun, pada penyelenggaraan tahun 2024, angka tersebut melonjak drastis hingga 30 ribu orang.

BACA JUGA: Disporapar Dongkrak Pariwisata Kreatif Lewat Balikpapan Fest 2024

BACA JUGA: Dishub Balikpapan Rencanakan Tambah 10 Halte Bacitra

Ratih tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Balikpapan yang turut mendukung kelancaran acara, serta kepada berbagai pihak yang berkontribusi dalam suksesnya BPN Fest tahun ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua pengunjung yang telah menjaga ketertiban dan menciptakan suasana kondusif selama acara berlangsung," ucapnya.

Di samping itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pengisi acara, serta instansi yang berperan penting dalam penyelenggaraan, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi erat antara Disporapar Balikpapan, Kemenparekraf, Kemenkominfo, serta para pelaku industri kreatif dan talenta lokal," jelas Ratih.

BACA JUGA: Evakuasi Berlanjut, Bangkai Paus 40 Ton di Pantai Teritip Balikpapan Dibakar

BACA JUGA: Ancaman Kejahatan Digital di Perbankan, Polda Kaltim Fokus Tangani Pengurangan Saldo dan Kredit Macet

Sebagai acara yang menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN), ajang tahunan ini telah berhasil lolos proses kurasi oleh Kemenparekraf.

Namun, Ratih mengakui bahwa masih ada ruang untuk perbaikan demi penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang.

Untuk tahun berikutnya, fokus acara akan lebih diarahkan pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta keterlibatan organisasi atau perhimpunan, termasuk kelompok juru masak yang bernaung di bawah sektor DPOP Kota Balikpapan.

"Nantinya, para juru masak akan diberikan wadah untuk menunjukkan kemampuan mereka, yang tentu akan menarik perhatian para pengunjung," pungkas Ratih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: