Rutin Gelar Pelatihan Kerja, Disnaker Samarinda Siapkan SDM untuk IKN

Rutin Gelar Pelatihan Kerja, Disnaker Samarinda Siapkan SDM untuk IKN

Salah satu pelatihan keterampilan yang dilakukan Disnaker Samarinda. Upaya meningkatkan skill menyambut Ibu Kota Nusantara.-nomorsatukaltim.disway.id-nomorsatukaltim.disway.id

SAMARINDA,  NOMORSATUKALTIM – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa dampak positif bagi daerah sekitarnya, termasuk Kota Samarinda yang berperan sebagai salah satu daerah penyangga.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Samarinda, M Wahyono Hadiputro, menyebutkan bahwa kehadiran IKN telah mendorong peningkatan ketersediaan lapangan pekerjaan secara massal di wilayah ini.

“Kehadiran IKN tentunya harus kita sambut dengan baik, karena akan ada perputaran ekonomi di Kota kita, khususnya di bidang perhotelan, layanan, dan jasa,” ungkap Wahyono, dalam pernyataan yang dikuti redaksi,  Senin (30/9/2024).

Menurutnya, para pekerja yang terlibat dalam pembangunan IKN akan berkunjung ke kota-kota sekitar, termasuk Samarinda, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga memicu pertumbuhan ekonomi lokal.

BACA JUGA: Pembangunan di IKN Bikin Sektor Kuliner di Balikpapan Ikut Tumbuh (disway.id)

Wahyono menambahkan bahwa pemerintah telah menjanjikan pembukaan 10 ribu lapangan kerja yang sebagian besar akan diperuntukkan bagi tenaga kerja konstruksi.

"Ini menjadi peluang besar, tinggal bagaimana sumber daya manusia (SDM) kita bisa meningkatkan skill-nya," katanya.

Dalam rangka menyambut peluang tersebut, Disnaker Kota Samarinda secara rutin mengadakan pelatihan bagi pemuda dan pemudi usia produktif untuk meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Pelatihan ini diharapkan mampu membekali mereka dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam industri konstruksi dan sektor lainnya.

“Kami adakan pelatihan rutin setiap bulannya dan menyasar ke sekolah-sekolah. Harapannya, baik yang masih sekolah maupun alumni dapat meningkatkan kemampuannya,” ujarnya.

BACA JUGA: Jokowi Tegaskan IKN Adalah Keputusan Seluruh Rakyat (disway.id)

Wahyini berharap berbagai program pelatihan ini warga Samarinda dapat siap bersaing di dunia kerja, terutama dalam memanfaatkan kesempatan besar yang dibuka melalui pembangunan IKN.

Pelatihan ini mendapatkan respons positif dari peserta, salah satunya Ryan Hidayat (21), yang saat ini mengikuti program pra-kerja. "Pelatihan ini memberi saya gambaran yang lebih jelas tentang dunia kerja dan tambahan pengetahuan di luar bidang keilmuan saya," kata Ryan, seorang pencari kerja asal Bontang. 

Ryan juga menyatakan keinginannya untuk memanfaatkan peluang kerja di IKN. “Jika ada kesempatan, tentu saya akan mencobanya. Selama ada peluang, kita harus terus berusaha,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: