Pemkab Ajak Perusahaan Lakukan Pelatihan Vokasi Kepada Tenaga Kerja Lokal

Pemkab Ajak Perusahaan Lakukan Pelatihan Vokasi Kepada Tenaga Kerja Lokal

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas. -dok/disway kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus memberikan perhatian kepada tenaga kerja lokal dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pekerja sehinga bisa terserap dengan maksimal.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan, pemerintah daerah gencar melakukan pelatihan-pelatihan vokasi kepada tenaga kerja lokal. Salah satunya berkolaborasi antara perusahaan dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau.

"Sejauh ini, kami sering mengadakan pelatihan-pelatihan vokasi tak terbatas yang diselenggarakan pemerintah. Akan tetapi juga kolaborasi perusahaan bersama Disnakertrans,'' ujarnya, Senin (9/9/2024).

BACA JUGA:BCF dan Pawai Budaya Meriahkan Semarak Hari Jadi Berau dan Tanjung Redeb

BACA JUGA:Hasil Panen Padi Susah untuk Didistribusikan

Hal itu dilakukan untuk mendongkrak tenaga kerja Berau agar terserap secara maksimal. Dia berkata melalui Disnakertrans beberapa pelatihan vokasi telah dilakukan. Pemkab pun terus berupaya mencari cara agar penyerapan tenaga kerja bisa maksimal.

Bupati menyebut, pelatihan-pelatihan itu, tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah (APBD) Berau saja. Melainkan juga dengan menggandeng perusahaan yang ada, untuk menggelar pelatihan vokasi yang berdampak pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Perusahaan juga kami dorong, meski belum membutuhkan tenaga kerja misalnya, dengan memberikan pelatihan, SDM kita akhirnya punya keterampilan dan bisa terserap di perusahaan lain,” ungkapnya.

Kepala Disnakertrans Berau, Zulkifli Ashari menyebut, pihaknya terus berupaya memberikan pelatihan yang mampu menaikkan kapasitas SDM Berau. Di samping menunggu keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK).

BACA JUGA:Masih Banyak Agen Travel Nakal Masuki Pulau Kakaban, Bupati Akan Keluarkan Surat Edaran

“Kami sadar, perkembangan zaman tentu menuntut peningkatan SDM untuk keperluan pekerjanya, dan cara-cara ini menjadi jalan keluarnya,” ujarnya.

Sejauh ini, pelatihan vokasi dan dorongan penyerapan tenaga kerja Berau jadi langkah preventif atasi kebutuhan pekerjaan saat ini.

“Kalau tunggu BLK, tentu akan sulit, sehingga sambil menunggu, kami arahkan pelatihan baik yang kami selenggarakan, atau perusahaan yang mengadakan,” paparnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah, 500 Nelayan di Balikpapan Dapat Subsidi BBM dari Pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: