Otorita IKN Genjot Pelatihan, Omzet UMKM Berkembang Pesat

Otorita IKN Genjot Pelatihan, Omzet UMKM Berkembang Pesat

Sugiman, salah satu pelaku UMKM binaan OIKN dibidang pertanian. (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Berbagai sektor turut berkembang imbas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Salah satu sektor yang mengalami dampak positif pembangunan IKN adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw. Dirinya menyampaikan bahwa pada bulan Juni 2023, tercatat ada 417 pelaku UMKM di IKN.

Angka ini meningkat signifikan menjadi 650 pelaku UMKM pada periode Februari-April 2024.

Sekira 90 persen UMKM binaan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bergerak di bidang kuliner dan tersebar di wilayah Sepaku, Bumi Harapan, Bukit Raya, serta Samboja, Kukar, dan Muara Jawa.

"Otorita IKN telah melakukan berbagai intervensi untuk meningkatkan mentalitas dan jiwa kewirausahaan di kalangan pelaku UMKM," ujar Troy Pantouw.

BACA JUGA : Hasil Uji Coba Landasan Bandara IKN, Menhub: Mulus dan Lancar

Intervensi ini termasuk mempermudah proses perizinan, seperti pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Terpadu (SPPLT) khususnya untuk UMKM di bidang kuliner.

Selain itu, Otorita IKN melalui Kedeputian Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat juga berperan sebagai katalisator dalam memberikan pelatihan yang membantu UMKM naik kelas dan berkembang.

Pelatihan yang telah dilaksanakan meliputi hidroponik, manajemen pemasaran, pembuatan batik, roti, kue, menjahit, literasi keuangan, business coaching, dan kurasi desain kemasan melalui program BEDAKAN (Bedah Desain Kemasan).

UMKM yang dibina oleh OIKN telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian warga setempat.

Kenaikan omzet juga dialami oleh para pelaku UMKM di wilayah IKN seiringa dengan pendampingan yang berjalan, mengingat para pelaku UMKM telah melalui berbagai pelatihan dan pendampingan yang diberikan.

"Program seperti BEDAKAN telah membantu UMKM dalam meningkatkan daya tarik produk mereka," tambah Troy Pantouw.

BACA JUGA : Bakso Gendon Balikpapan Dipesan Jokowi di IKN, Namun Batal Sajikan Hidangan pada HUT RI ke-79

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: