Hasil Uji Coba Landasan Bandara IKN, Menhub: Mulus dan Lancar

Hasil Uji Coba Landasan Bandara IKN, Menhub: Mulus dan Lancar

Menhub, Budi Karya dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono merayakan keberhasilan uji coba landasan pacu Bandara VVIP IKN, di Kalimantan Timur, Minggu (25/8/2024).-(Foto/Humas Kemenhub)-

IKN, NOMORSATUKALTIM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan uji coba landasan pacu Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, hasil uji coba menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO sangat memuaskan. 

Uji coba lepas landas (take off) dan pendaratan (landing) di landasan pacu Bandara IKN tersebut berlangsung pada Minggu, 25 Agustus 2024.

Budi Karya menegaskan bahwa proses uji coba lepas landas dan pendaratan pesawat berjalan tanpa hambatan. 

BACA JUGA: Kembali Bergairah, 8 Parpol Non Parlemen Bentuk Koalisi Bersatu untuk Pilkada Paser 2024

BACA JUGA: Sopir Angkot di Balikpapan Kembali Protes, Operasional Bus Bacitra Dihentikan

"Prosesi uji coba lepas landas dan pendaratan yang dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO, berjalan mulus dan lancar," kata Budi Karya, dikutip Antara, Senin (26/8/2024).

Uji coba ini merupakan bagian dari tahap proving flight, yaitu proses operasional untuk memastikan kesiapan rute penerbangan baru di IKN.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga melibatkan uji jalur udara di sekitar bandara, yang telah dirancang sedemikian rupa untuk menghindari potensi konflik dengan bandara lain di Balikpapan dan Samarinda.

Menhub menjelaskan bahwa proving flight bertujuan untuk memastikan landasan pacu dan jalur udara di sekitar bandara berfungsi dengan baik dalam kondisi operasional. 

BACA JUGA: Beleng-Beleng Golf Club Open Turnamen 2024 Ditutup dengan Meriah

BACA JUGA: 

Proses ini termasuk menguji kesesuaian dan integrasi sistem navigasi udara, serta memastikan bahwa ruang udara di sekitar IKN dapat menampung frekuensi penerbangan yang padat tanpa menimbulkan konflik dengan bandara lainnya.

Selain uji coba landasan pacu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga memberikan informasi terbaru terkait perkembangan pembangunan Bandara IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: