Selain Mobil, Turnamen Beleng-Beleng Golf Club Suguhkan Doorprize Seekor Sapi

Selain Mobil, Turnamen Beleng-Beleng Golf Club Suguhkan Doorprize Seekor Sapi

Peserta turnamen Beleng-Beleng Golf Club ketika beraksi. -Ari Pangalish-Disway Kaltim

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Turnamen golf garapan Beleng-Beleng Golf Club, perkumpulan pegolf Samarinda, sudah dimulai di Bukit Tanah Merah Jalan Raya Samarinda-Bontang, Sabtu pagi, 24 Agustus 2024.

Event yang digelar selama 2 hari ini diikuti sebanyak 270 peserta dari berbagai daerah. Mulai dari yang terjauh; Surabaya, Bali, Jakarta, hingga peserta asal Samarinda sebagai tuan rumah.

Dalam pelaksanaanya, turnamen ini terbagi dari 4 kategori tim. Yakni, peserta tim B, tim C, tim A serta tim ladies. Tim yang bertanding pada Sabtu ini adalah kategori kelas B, C dan ladies.

Ketua Panitia Beleng-Beleng Club, Teguh Priyanto mengatakan, event yang pertama kali diadakan ini nantinya akan menjadi agenda rutin yang digelar.

"Mungkin banyak yang belum bisa hadir berpartisipasi hari ini, tapi ini akan kita jadikan kegiatan rutin," ungkapnya.

Baca Juga: Coach Pieter Persiapkan Skuad Terbaik untuk Laga Perdana Internasional Borneo FC

Untuk hari terakhir nanti, Minggu 25 Agustus 2024, Teguh menjelaskan akan ada doorprize bagi peserta yang beruntung di akhir acara. Hadiah undiannya berupa mobil dan seekor sapi.

"Nanti kita undi, jika beruntung bawa pulang hadiah. Dan ini juga ada sapi untuk doorprize-nya," paparnya.

Pun ada penghargaan bagi peserta yang mampu untuk Hole In One atau mampu memasukan bola dalam sekali pukul.

"Hadiahnya mobil Fortuner. Hole in One dalam jarak berapa pun, antara 125 meter, hingga 155 meter yang terjauh," kata Teguh saat ditemui di Club House Tanah Merah.

Adapun turnamen golf ini, dilaksanakan untuk menyambung silaturahmi antar peserta golf dari regional Kota Samarinda maupun dari luar daerah.

Untuk kategori tim ladies, terdapat 16 orang yang menjadi peseta. Menurutnya ini menjadi awal mula yang baik sehingga potensi daya tarik olahraga ini dapat banyak dinikmati berbagai gender.

Baca Juga: Emas Pertama Porwanas Kaltim Cabang Esport, Dedikasi untuk Mendiang Rafan Dwinanto

"Bisa mempererat silturahmi dan peserta dari berbagai daerah juga saling mengenal," ucap Teguh.

Teguh berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang mengasah kemampuan dan meningkatkan pengalaman bagi para peserta.



Senada dengan Teguh, Hardjito selaku juri turnamen golf ini juga mengatakan pentingnya kemampuan peserta yang akan terlihat di lapangan.

"Dalam penilaian kita pastinya berpatokan dengan point keakuratan peserta dan jumlah yang masuk. Dan itu akan terlihat saat mereka langsung ke lapangan," katanya.

Ia menerangkan, dari 4 tim ini nantinya hanya diambil juara 1 sampai 3 dari setiap tim. Penilaiannya pun beragam. Dilihat dari handicap atau perhitungan rata-rata pukulan selama 1 ronde.

"Contohnya, peserta punya 10 handicap. maka Ia harus memukul sekitar 82 kali. Sedangkan pemain scratch dengan handicap 0 harus memukul 72 saja," terangnya.

Hole in one, merupakan salah satu skor terbaik dalam golf. Jika pemain dapat ace, maka bisa menulis nilai 1 di kartu nilai. Namun menurut Hardjito, jarang sekali pemain bisa melakukan ace. Sering kali pukulan ini akan terjadi di par-3 atau par-4.

Gross atau net merupakan akumulasi dari jumlah pukulan yang telah dilakukan pemain pada sebuah lubang atau hole. Setelah sebelumnya dikurangi nilai dari handicap.

"Jadi nilai ini bisa diartikan adalah nilai atau jumlah akhir dari semua pukulan yang masuk ke dalam hole atau lubang bola," jelasnya.

Menurut Hardjito, hal utama dalam olahraga golf ini dibutuhkan mental yang kuat selain skill. Agar dalam keadaan tenang saat memukul bola yang akurat walau jaraknya jauh.

"Jadi pengalaman membentuk karakter seseorang, jika dia memang seorang yang berpengalaman maka dalam situasi apapun dan jarak berapapun akan tenang," ujar pria 55 tahun itu.

"Nanti akan terlihat mana yang sering latihan dan mana yang jarang," imbuhnya.

Pun demikian dalam latihan tidak bisa langsung instan, semua ada tahapannya. Ia berpesan agar peserta pemula yang baru mengikuti turnamen ini agar dapat melatih fisik dan mentalnya lebih giat lagi.


"Kalau masih pemula, jarak 200 meter saja sudah cukup memuaskan. Tetapi kalau untuk golfer atau pemain golf yang pro, rata-rata harus bisa mencapai 210 sampai dengan 250 meter," tutupnya. (*)

Reporter: Mayang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: