Benahi Fasilitas Air Terjun Doyam Turu, Pemkab Paser Butuh Anggaran Rp 3 Miliar

Benahi Fasilitas Air Terjun Doyam Turu, Pemkab Paser Butuh Anggaran Rp 3 Miliar

Air terjun Doyam Turu Desa Lempesu, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser. -Disporapar Paser-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Guna menjadi daya tarik wisatawan ke Doyam Turu Liang Batulis Desa Lempesu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Paser gelontorkan anggaran hinggga Rp 3 miliar. Nilai itu untuk pembenahan fasilitas dan menunjang kenyamanan pengunjung.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disporapar Kabupaten Paser, Agus Purwiyono mengatakan, anggaran itu bersumber dari APBD Kabupaten Paser 2024. Peruntukannya penataan gerbang pintu masuk, gazebo, musala, hingga kios atau kantin.

"Kemudian area parkir, jembatan hingga area untuk camping," ucapnya, Selasa (6/8/2024).

BACA JUGA:Ini Kuncinya Agar Pilkada Bisa Sukses Menurut Bawaslu Paser

Air terjun Doyam Turu Lempesu juga berdekatan dengan Gunung Embun atau Gunung Boga yang saat ini semakin populer. Dengan penataan itu diharapkan jadi daya tarik baru penghobi pelancong wisata.

"Pengunjung setelah bermalam dan menikmati embun di Gunung Boga pada pagi hari, begitu mau pulang bisa sekaligus singgah di Doyam Turu, aksesnya mudah dilalui hanya sekira 15 sampai 20 menit dengan berkendara roda dua," sambungnya.

BACA JUGA:Formasi CASN Paser Hanya untuk Tenaga Teknis dan Nakes

Dihimpun berbagai sumber, Doyam Turu memiliki arti tujuh tingkat. Karena memiliki tujuh undakan yang berbeda-beda ketinggiannya. Sementara Liang Batulis punya arti gua batu tulis. Konon, dalam gua  terdapat tulisan-tulisan kuno zaman kerajaan.

Tak hanya sekadar menikmati wisatanya yang indah, namun juga banyak nilai sejarah dan budaya, bagaimana dulunya Kerajaan Sadurengas.

Air terjun Doyam Turu berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Tanah Grogot. Meski tidak terlalu lalu tinggi, objek wisata tersebut cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Akses ke lokasi juga terbilang mudah, karena dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

BACA JUGA:Gunakan anggaran dari berbagai Sumber, Pemkab Paser Perbaiki Ratusan Rumah Tidak Layak Huni

Air Terjun Lempesu sudah dilengkapi berbagi sarana dan prasarana, seperti lahan parkir kendaraan dan sebagainya Wisata alam tersebut juga memiliki kolam yang cukup luas di bawah pancuran air terjun, sehingga pengunjung juga bisa mandi menikmati kesegaran Air Terjun Lempesu.

Setibanya di Doyam Turu, pengunjung lebih dulu harus berjalan kaki sekira 15 menit untuk mencapai titik yang dimaksud. Akses jalannya kini sudah semakin membaik, meski pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit melewati jalan setapak yang berkelok-kelok.

BACA JUGA:Hasil Survei BPS, Segini Jumlah Pengeluaran Warga Paser yang Dianggap Miskin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: