Timnas U-19 Punya Kenangan Manis di Jawa Timur, Akankah Terulang Malam ini?

Timnas U-19 Punya Kenangan Manis di Jawa Timur, Akankah Terulang Malam ini?

Timnas U-19 bersiap menghadapi Thailand di Final Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.-(Foto/Dok.PSSI)-

Di semifinal, gol Ilham dan Hargianto mengantarkan Indonesia menang atas Timor Leste dan melaju ke final, menghadapi Vietnam yang menang 1-0 melawan Laos. 

BACA JUGA: Diduga Korsleting Listrik Sebabkan SPBU di Muara Kaman Hangus Terbakar

Sebagai debutan final yang melawan tim yang saat itu sudah mengoleksi satu gelar dari dua final, nyali Indonesia tak ciut. 

Mereka menahan imbang 0-0 Vietnam pada waktu normal sebelum kemudian memenangi adu penalti yang ditentukan Ilham Udin untuk merengkuh gelar pertamanya di turnamen ini bersama pemain ke-12 yang memadati Gelora Delta Sidoarjo.

Indra Sjafri kini berdoa agar sejarah manis itu terulang kembali di final Piala AFF U-19 tahun ini yang kembali digelar di Jawa Timur. 

"Saya bersyukur kita bisa ke final. Seperti yang disampaikan kemarin, ini final kedua saya di Jawa Timur dan mudah-mudahan Jawa Timur menjadi kota yang baik untuk saya," kata Indra pada sesi jumpa pers setelah laga melawan Malaysia, Sabtu (27/7).

BACA JUGA: Bekuk Timor Leste 6-2, Timnas U-19 Gunakan Formasi Berbeda dari Laga Sebelumnya

Persiapan Final

Pelatih kepala tim U-19 Indonesia, Indra Sjafri mengaku, timnya memanfaatkan waktu satu hari jelang laga final ASEAN U-19 Boys Championship 2024 untuk recovery (pemulihan) para pemain. 

"Antara semifinal dan final kita hanya punya waktu satu hari, oleh sebab itu yang paling penting, kami tim pelatih melakukan cara bagaimana recovery pemain, agar mereka benar-benar pulih," ucap Indra, Minggu (28/7).

"Dengan mepetnya waktu, kami membuat sesi di kelas, ada sesi psikolog, bagaimana mereka kesiapan secara mental mereka untuk pertandingan besok," lanjutnya. 

"Sore hari jam 16.00 WIB, kita melakukan recovery secara fisik di kolam renang, dan juga para pemain yang tidak bermain, kita lakukan sesi berbeda," imbuhnya.

"Dan Alhamdulillah sampai siang hari ini para pemain mulai secara perlahan pulih, termasuk mereka juga para tim medis kita bekerja sangat baik melakukan terobosan-terobosan bagaimana supaya recovery pemain cepat pulih," beber pelatih asal Sumatra Barat itu.

BACA JUGA: Sedot Lemak Membawa Petaka, Perempuan Cantik Tewas akibat Dugaan Malpraktik Klinik Kecantikan

Selain melakukan proses recovery pemain, mereka juga berdiskusi untuk menganalisis pihak lawan. "Dan juga kita berdiskusi, menganalisa pertandingan Thailand besok, analisa juga dilakukan dengan pemain secara grup, dan juga kita melakukan analisa dengan tim pelatih dengan math analyst statistik kita," ungkap Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: