Jaga Ekosistem Mangrove Selamatkan Ekonomi Pesisir

Jaga Ekosistem Mangrove Selamatkan Ekonomi Pesisir

Gerakan Pesisir Hijau-(Disway Kaltim/Salsa)-

BACA JUGA : Peserta Pelatihan Kerja di Paser Didorong Ciptakan Usaha Mandiri

Sementara pada fungsi ekologi, mangrove berperan dalam sistem rantai makanan di pesisir, mendukung keanekaragaman hayati dan perangkap karbon. 

Selanjutnya pada fungsi jasa, mangrove dapat menjadi pusat edukasi lingkungan, ekowisata, dan mata pencaharian berkelanjutan.

Kendati demikian, Ati merasa prihatin mengetahui kondisi mangrove yang saat ini menghadapi ancaman degradasi akibat aktivitas manusia dan perubahan iklim.

“Kita tidak ingin ini sekadar menanam atau agenda tahunan saja, tapi melakukan pendamping kelompok masyarakat. Termasuk ibu-ibu yang mengolah prodak dari mangrove, pembudidaya ikan dan penanam mangrove,” ucap Ati.

BACA JUGA : Camilan Bahan Sayur Produk Unggulan Desa Tabru Paser

Kemudian, lanjut Ati, perkembangan mangrove harus terus dipantau. Namun, kesadaran itu tidak serta-merta terbentuk begitu saja tanpa ada nilai ekonominya.

“Kalau hanya menyuruh lakukan penanaman dan tidak ada nilai ekonomisya, kemungkinan masyarakat enggan berkontribusi langsung. Jadi kita bangun kesadaran menjaga lingkungan dan memberdayakan mereka, agar mata pencaharian masyarakat dapat berlanjut,” jelasnya.

 

Manfaat Mangrove dari Sisi Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Pesisir Pantai

 

Mangrove bagi masyarakat Kecamatan Muara Badak mempunyai sisi nilai ekonomi. Ati mengetahui, 90 persen mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Muara Badak bergantung terhadap wilayah pesisir. 

Dimana masyarakat telah menghadirkan produk-produk olahan, seperti kerupuk udang yang dihasilkan oleh tambak dari laut.

“Ada juga sisa olahan dari udang yang dijual itu, namanya krupuk udang ekonomis. Bahannya dari sari pati kepala udang yang lebih murah, ada juga amplang dari ikan bandeng, dan minyak kelapa,” sebut Ati.

Adapun nama komunitas dampingan yang dilibatkan pada kegiatan hari ini antara lain Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bunga Tanjung Lestari, Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklahsar) Hokky Family Saliki, Nilam Mangrove Lestari, Jaya Bersama, Pangempang Indah Lestari dan Wanita karya bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: