Delegasi Korsel di EBIFF 2024 Kaget Dipanggil 'Shin Tae-yong' oleh Warga Samarinda

Delegasi Korsel di EBIFF 2024 Kaget Dipanggil 'Shin Tae-yong' oleh Warga Samarinda

Salah satu delegasi Korea Selatan, Kim Paik Kwang membagikan pengamalan uniknya saat mengikuti Kirab Budaya EBIFF 2024 di Samarinda.-(Foto/Dok. Diskominfo Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Hadirnya delegasi mancanegara pada pagelaran seni budaya East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) 2024 menghadirkan berbagai cerita unik. Salah satunya adalah pengalaman salah satu delegasi asal Korea Selatan, Kim Paik Kwang, yang merasa kaget ketika dipanggil "Shin Tae-yong" oleh warga Samarinda.

Peristiwa ini berlangsung saat Kim Paik Kwang mengikuti parade Kirab Budaya pada Jumat (26/7/2024) pagi. Bersama delegasi lainnya, Kim menyapa warga Kalimantan Timur (Kaltim) dari rute Taman Samarendah hingga Kantor Gubernur Kaltim

Di tengah parade, ia dikejutkan oleh panggilan warga dan anak-anak yang memanggilnya dengan nama Shin Tae-yong, pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia yang juga berasal dari Korea Selatan.

BACA JUGA: Pemprov Kaltim Gelar Welcome Dinner Peserta EBIFF

"Saya kaget di jalan banyak orang dan siswa sekolah memanggil saya sebagai Shin Tae-yong. Saya terkejut tapi juga senang, orang Samarinda sangat ramah. Banyak juga yang menyapa 'annyeong haseyo' dalam bahasa Korea, saya berterima kasih sekali," kata Kim Paik Kwang saat menyampaikan kesannya mengikuti EBIFF 2024 dalam konferensi pers bersama awak media, Jumat (26/7/2024).

Menanggapi kejadian ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni, menjelaskan bahwa Korea Selatan sangat populer di Indonesia, termasuk di Samarinda. 

"Korsel memang begitu dekat dengan kita. Karena K-Drama dan K-Pop yang begitu populer di Indonesia," ungkap Sekda Kaltim di hadapan awak media.

BACA JUGA: Ketua PWI Pusat Tekankan Pentingnya Kompetensi Wartawan


Tarian Hudoq ditampilkan di di malam pembukaan East Borneo International Folkrore Festival (EBIFF) 2024 yang berlangsung di Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Jumat (26/7/2024) malam.-(Foto/Dok. Diskominfo Kaltim)-

Rangkaian Kegiatan EBIFF 2024

Rangkaian kegiatan EBIFF 2024 akan digelar selama lima hari ke depan hingga 30 Juli 2024. Selain delegasi dari Korea Selatan, festival ini juga diikuti oleh delegasi mancanegara dari Bulgaria, Mesir, Jepang, Polandia, dan Amerika Serikat. 

Pada Jumat pagi, para delegasi menyapa warga Kaltim dalam parade Kirab Budaya yang dimulai dari Taman Samarendah hingga Kantor Gubernur Kaltim.

Usai Kirab Budaya, Sekda Sri Wahyuni memimpin konferensi pers bersama awak media. Didampingi para delegasi nasional dan mancanegara, Sri Wahyuni menyampaikan bahwa festival seni budaya ini menegaskan posisi Kalimantan Timur sebagai calon kota dunia dengan penetapan Ibu Kota Nusantara (IKN) di wilayah Benua Etam.

BACA JUGA: Seragam Tim Indonesia Olimpiade Paris 2024 Tarik Perhatian Semua Pihak, Gabungkan Konsep Jawa Modern

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: