Pemprov Kaltim Beri SK Penetapan Lokasi Pariwisata ke Pemkab Mahulu

Pemprov Kaltim Beri SK Penetapan Lokasi Pariwisata ke Pemkab Mahulu

Pemprov Kaltim telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Lokasi untuk pengadaan tanah pembangunan Sentra Pariwisata Kabupaten Mahulu.-istimewa-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM -  Pemprov Kaltim telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Lokasi untuk pengadaan tanah pembangunan Sentra Pariwisata Kabupaten Mahulu. Rencananya, Sentra Pariwisata itu akan dibangun di Batoq Tenevang,  Kampung Long Melaham, kecamatan Long Bagun.

Penyerahan SK sendiri di laksanakan Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (16/7/2024) lalu. Kepala Disparpora Mahulu, Yason Liah mengatakan bahwa Mahulu sebagai daerah pemekaran dari kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang berdiri sejak 2013 lalu masih memiliki banyak keterbatasan.

Sehingga kedepannya masih banyak hal yang perlu dibangun baik aksesibilitas, sarana dan prasarana umum lainnya.

BACA JUGA:Bapenda Mahulu Targetkan Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2024 Sebesar Rp17 Miliar

"Menuju pada cita-cita agar tercapai visi membangun Mahulu untuk semua, sejahtera berkeadilan maka tahap demi tahap seluruh sektor harus terus dibenahi dan dibangun," kata Yason Liah.

Salah satunya yang perlu dibangun adalah kegiatan kepariwisataan sebagai salah satu sub sektor andalan Kabupaten Mahakam Ulu ke depannya.

BACA JUGA:Perbaikan Empat Dermaga Pelabuhan di Mahulu Butuh Duit Rp 300 Juta

Meski sekarang SDA masih berlimpah terutama hasil hutan dan mineral namun harus tetap dijaga demi kesejahteraan generasi selanjutnya.

Maka dari itu langkah strategis agar SDA tetap terjaga tapi tetap bisa mensejahterakan masyarakat adalah dengan menghadirkan jasa lingkungan.

"Mahulu sebagai wilayah penyangga untuk das Mahakam menjadi perhatian kita bersama agar tidak dieksploitasi secara ekstraktif. Tapi boleh dimanfaat jasa lingkungan berupa jenis-jenis wisata minat khusus, wisata alam, wisata budaya dan agro wisata," ujarnya.

BACA JUGA:Semakin Jelas, Avun-Juan Diprediksi Satu Paket Maju Pilkada Mahulu 2024

Ia menyebut tujuan utama pengembangan sentra pariwisata di Mahulu adalah untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Mahulu.

Sentra pariwisata ini nantinya akan menghadirkan satu paket wisata. Sentra pariwisata ini dirancang sebagai program yang terpadu yang mengkombinasikan antara potensi alam, budaya, wisata buatan kreatif dan ekonomi kreatif," ucapnya.

Luas tanah yang dibutuhkan untuk membangun sentra pariwisata ini adalah 62,48 hektare. Namun Ia menyebut yang akan dilakukan pembebasan saat ini baru 48,9 hektar yang terdiri dari sebelas peta bidang yang dikuasai oleh sepuluh orang warga setempat. Untuk membangun sentra pariwisata ini perlu dilakukan empat tahapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: