Pekan Kebudayaan Daerah, Tonjolkan Seni Asli Kaltim ke Publik

Pekan Kebudayaan Daerah, Tonjolkan Seni Asli Kaltim ke Publik

Pelaksanaan Pekan Kebudayaan Dearah di Museum Mulawarman, Tenggarong, Sabtu 6 Juli 2024.-ADPIM KALTIM-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Gelaran Malam Puncak Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kaltim 2024 dukses digelar. Pengunjung tetap antusias hadir di Halaman Museum Negeri Mulawarman Tenggarong, Kukar, Sabtu 6 Juli 2024 malam, meski dilanda cuaca gerimis. 

Event budaya Benua Etam ini semakin semarak diawali persembahan tari tradisional pedalaman Aweq Ampung (Kutai Timur), disusul Belian Kenyong (Kutai Barat) serta penampilan grup musik Odah Seni Betuah (Kutai Timur) dan tari legenda Lebak Mantan "Mak Jujang" Muara Wis (Kutai Kartanegara).

"Seni dan budaya bagi saya memperkaya rasa, karsa, jiwa, wawasan dan kecintaan pada tanah air," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengawali sambutannya pada puncak malam PKD Kaltim 2024, Sabtu 6 Juli 2024.

BACA JUGA:Rangkaian EBIFF 2024, Dispar Adakan Kemilau Kaltim Fest di Temindung Creative Hub

Pemprov Kaltim sendiri lanjutnya sangat mengapresiasi penggiat dan karya-karya seni budaya dalam membangun toleransi dan kekerabatan.

"Ketika kita bicara seni budaya, kita berada dalam satu frame yang sama," tegasnya.

Menurut Sri, mereka yang menekuni dan mengembangkan seni budaya adalah orang-orang yang menjunjung tinggi keberagaman dan nilai-nilai universal. Dia pun berharap pekan kebudayaan daerah ini bisa terus berlanjut dan semakin gencar mengangkat seni budaya daerah. 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan yang juga hadir menyampaikan, PKD 2024 di Tenggarong merupakan gelaran keempat yang dilaksanakan sejak 2020.

BACA JUGA:Akibat Cuaca Buruk, Lagi-Lagi Penerbangan Tujuan Samarinda Dialihkan ke Balikpapan

"PKD kita laksanakan berganti tempat dan tahun ini Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai tuan rumahnya," ujarnya

Event budaya selama 3 hari (4-6 Juli), bertema Ibu Kota dengan Rona Pilar Budaya diisi 15 kegiatan, diantaranya pameran warisan budaya banda/tak benda, lomba musik/tari/penulisan, dialog budaya dan permainan rakyat.

"Puncak malam PKD Kaltim 2024 dirangkai pengukuhan Kanda Dinda Budaya Kaltim 2024 dan Anugerah Kebudayaan Kaltim bagi penggiat/pelaku seni budaya daerah," tambahnya.

BACA JUGA:Tahun Baru Islam 1446 H, Menag: Semoga Membawa Keberkahan dan Kedamaian

Acara ditutup penyerahan hadiah pemenang penulisan cerita rakyat, festival musik tradisi, lomba tari kreasi tradisi dan lomba melukis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: