Tuan Rumah Tersingkir, Spanyol Bertemu Prancis di Semifinal UEFA Euro 2024

Tuan Rumah Tersingkir, Spanyol Bertemu Prancis di Semifinal UEFA Euro 2024

Penyerang Jerman, Kai Havertz menyesali kegagalannya membawa tim Der Panzer ke Final Euro 2024.-(Foto/Getty Images)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Timnas Spanyol secara dramatis melaju ke semifinal Piala Eropa (Euro) 2024 setelah menyingkirkan tuan rumah Jerman dengan skor 2-1 dalam pertandingan perempat final di Mercedes-Benz Arena yang berakhir pada Sabtu dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Spanyol untuk bertemu dengan Prancis di babak semifinal.

Spanyol unggul lebih dulu berkat gol Dani Olmo di babak pertama sebelum Florian Wirtz menyamakan kedudukan jelang akhir babak kedua. Gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Mikel Merino di babak kedua perpanjangan waktu. Sementara itu, Prancis berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Portugal melalui drama adu penalti dengan skor 5-3 di Stadion Volkspark, Hamburg.

BACA JUGA: Garuda Muda Akhiri Kejuaraan AFF U-16 di Peringkat 3, Ini Komentar Erick Thohir

Pertandingan Spanyol vs Jerman

Spanyol langsung memperlihatkan permainan agresif di awal laga. Mereka berhasil menciptakan peluang ketika laga baru berjalan satu menit. Sebuah permainan operan cepat berakhir di kaki Alvaro Morata yang kemudian memantulkan bola ke Pedri. Namun, tembakan Pedri dari depan kotak penalti masih bisa diamankan oleh Manuel Neuer.

Pada menit ke-7, Spanyol harus kehilangan Pedri yang cedera akibat tekel keras dari Toni Kroos. Pedri yang terlihat menangis saat meninggalkan lapangan digantikan oleh Dani Olmo. Kroos sendiri tidak diganjar kartu oleh wasit Anthony Taylor, keputusan yang diprotes oleh pelatih dan para pemain Spanyol.

Jerman mencoba membalas pada menit ke-11 dengan tembakan dari David Raum, tetapi arah bola masih tepat ke pelukan penjaga gawang Spanyol, Unai Simon. Pada menit ke-13, Spanyol mendapat peluang dari tendangan bebas Lamine Yamal, tetapi bola masih melenceng dari tiang gawang Jerman.

BACA JUGA: Turki Menantang Belanda di Perempat Final UEFA Euro 2024

Di menit ke-35, Kai Havertz hampir mencetak gol bagi Jerman namun tendangannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh Simon. Kedua tim saling menyerang, tetapi hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta dan skor tetap 0-0.

Spanyol membuka keunggulan pada menit ke-51 melalui gol Dani Olmo. Proses gol berawal dari pergerakan Lamine Yamal di sisi kanan yang memberikan umpan kepada Olmo, yang kemudian melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Jerman. Spanyol unggul 1-0.

Pada menit ke-77, Jerman hampir menyamakan kedudukan melalui sepakan Fullkrug yang membentur tiang gawang Spanyol. Usaha Jerman akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-89 ketika Florian Wirtz mencetak gol penyama melalui sontekan di kotak penalti setelah menerima umpan sundulan dari Joshua Kimmich. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu dengan skor 1-1.

Di babak perpanjangan waktu, kedua tim tetap saling menyerang. Pada menit ke-119, Spanyol kembali unggul melalui sundulan Mikel Merino yang menerima umpan lambung dari Dani Olmo. Spanyol hampir menambah keunggulan di menit ke-120 melalui Ferran Torres, tetapi tendangannya masih melenceng. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Spanyol.

BACA JUGA: Atlet Bulutangkis China Tewas saat Bertanding di Indonesia, PBSI Soroti Aturan ini

Pertandingan Prancis vs Portugal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: