Akmal Malik Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Akmal Malik Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

--



Samarinda, NOMORSATUKALTIM - 1 Juni 2024 bertempat di Halaman Gor Kadrie Oening, Samarinda digelar Upacara Haru Lahirnya Pancasila. Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, secara langsung memimpin Upacara.

Agenda dihadiri  sejumlah pejabat penting, termasuk Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni, Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Anggara Sitompul, serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kaltim dan Forkopimda Kaltim.

Rangkaian acara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, diikuti dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh pembina upacara, serta pembacaan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

“Kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilainilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,”ungkap Akmal saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

Akmal menekankan pentingnya nilai-nilai luhur dalam Pancasila yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. "Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional 'Bhinneka Tunggal Ika'."

“Momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,”ajaknya

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologiyang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpahdarah Indonesia

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,”ucapnya

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. (Prb/Adv/Diskominfo Kaltim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: