Barmuda Chess Cup 2024, Ajang Pemanasan Atlet Jelang PON

Barmuda Chess Cup 2024, Ajang Pemanasan Atlet Jelang PON

Peserta Barmuda Chess Cup 2024.-ari/disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Organisasi Barisan Muda Daerah (Barmuda) menyelenggarakan turnamen catur nasional Barmuda Chess Cup 2024, yang berlangsung dari Jumat (21/6/2024) hingga Minggu (23/6/2024). 

Ajang ini pun dimanfaatkan beberapa atlet daerah lain sebagai pemanasan jelang PON Aceh November mendatang. 

Kegiatan ini diipusatkan di Komplek Aubry, Jalan Juanda 6, Samarinda. Event ini pun diikuti 31 atlet bergelar master dan 232 peserta non master. Mereka semua akan memerebutkan total hadiah hingga ratusan juta rupiah. 

BACA JUGA:STY Masih Belum Tandatangani Perpanjangan Kontrak dengan PSSI, Tanda-tanda Ingin Tinggalkan Timnas?

Ketua DPP Barmuda Kaltim H Anderiy Syachrum, mengatakan tercetusnya ide ini didasari oleh hobinya bermain catur. Melihat animo banyaknya warga yang menyenangi olahraga ini, awalnya ia hanya ingin membuat turnamen untuk sekadar bersenang-senang. Sembari mengumpulkan kawan-kawan.

"Tapi setelah kami berkoordinasi dengan pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim, kenapa tidak bikin sesuatu yang lebih besar. Maka, jadilah Barmuda Chess Cup ini dikemas layaknya kejuaraan profesional,” ujar Anderiy dikonfirmasi Sabtu 22 Juni 2024.

Anderiy melihat Kaltim ini potensial dalam dunia percaturan. Hanya saja, mungkin wadahnya saja yang kurang. Karena itu ia pun berupaya agar event ini bisa digelar rutin setiap tahunnya. 

Tentu, keinginan itu disambut baik oleh salah satu pengurus Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Kaltim, yang juga sebagai Technical Delegate (TD) di turnamen ini, Idris Karim. Dikatakan Idris, hal ini sejalan dengan niat pengprov untuk bisa lebih menggiatkan kejuaraan-kejuaraan di level masyarakat.

BACA JUGA:Timnas U-16 Sukses Bekuk Singapura 3-0, Tapi Erick Thohir Sayangkan Hal ini

"Kami juga di Percasi tengah mempersiapkan untuk bisa menggelar kejuaraan semacam ini. Apakah nanti hanya untuk Kaltim atau terbuka buat daerah lainnya, masih akan dibicarakan lebih jauh," ucap Idris yang juga menjabat Wakil Sekretaris Umum Percasi Kaltim.

Tak hanya dari Kaltim, sejumlah peserta juga ada yang datang dari provinsi-provinsi lainnya. Salah satunya Muhammad Arsyad yang datang bersama rombongan dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kejuaraan ini luar biasa, apalagi hadiahnya cukup besar. Dan itu cukup menarik minat kami untuk berpartisipasi," ucap Arsyad.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: