Permintaan BBM dan LPG Jelang Iduladha 1445 H Meningkat, Pertamina Pastikan Stok Aman

Permintaan BBM dan LPG Jelang Iduladha 1445 H Meningkat, Pertamina Pastikan Stok Aman

Ilustrasi distribusi LPG subsidi. (istimewa)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Iduladha 1445 H, PT Pertamina Patra Niaga regional Kalimantan telah mempersiapkan stok BBM dan LPG.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, mengungkapkan bahwa diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan sebesar 1,9% untuk BBM jenis Gasoline (Pertamax Series dan Pertalite), 3,1% untuk BBM jenis Gasoil (Dex Series dan Solar), serta 3,8% untuk LPG.

“Perkiraan peningkatan ini didasarkan pada tren kenaikan tahun sebelumnya. Saat ini, Pertamina memiliki cadangan BBM yang cukup untuk 11 hari dan cadangan LPG untuk 3-5 hari, dengan suplai yang terus berjalan untuk menambah stok tersebut,” jelas Arya.

BACA JUGA : Curi Motor di Balikpapan, Pemuda NTT Dibekuk Polisi di Paser

Di Kalimantan Timur sendiri, Arya menjelaskan bahwa kebutuhan harian BBM pada masa Idul Adha diperkirakan mencapai 2.242 kiloliter untuk Gasoline, 753 kiloliter untuk Gasoil, dan 538 metrik ton untuk LPG. 

Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 2,6% untuk Gasoline, 1,1% untuk Gasoil, dan 5,6% untuk LPG dibandingkan dengan penyaluran harian normal. 

Ia menambahkan, stok di wilayah Kalimantan Timur dipastikan aman selama dan setelah Iduladha 1445 H.

BACA JUGA : Jangan Sepelekan 'Baby Blues'! Polwan Bakar Suami Diduga karena Syndrome ini

Pertamina juga mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan panic buying dan tidak menggunakan BBM serta LPG bersubsidi yang dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu. 

“Penggunaan BBM dan LPG harus tepat sasaran. Program 'subsidi tepat' terus dijalankan agar subsidi BBM dan LPG dapat mencapai mereka yang berhak. Saat ini, pembelian BBM bersubsidi menggunakan QR code dan LPG menggunakan KTP (NIK). Kami harap masyarakat yang mampu tidak membeli BBM dan LPG bersubsidi,” tegas Arya.

Sebagai bagian dari PT Pertamina (Persero), pihaknya menegaskan untuk tetap berkomitmen untuk menyalurkan energi kepada masyarakat. 

BACA JUGA : Yohanes Avun Kritik Proyek Pengerasan Jalan Negara di Mahulu, Sebut Hanya Main-main

Pertamina juga menyediakan layanan kontak 135, lanjut Arya, untuk memudahkan masyarakat dalam memesan BBM dan LPG non subsidi melalui layanan delivery service serta membuka layanan informasi, masukan, dan saran.

“Dengan langkah-langkah ini, Pertamina memastikan kesiapan mereka dalam memenuhi kebutuhan BBM dan LPG masyarakat menjelang perayaan Iduladha, serta menjaga ketersediaan stok tetap aman dan terkendali,” pungkas Arya Yusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: