Peringatan HHS 2024, Ratusan Warga Kaltim Senam Jantung Bersama

Peringatan HHS 2024, Ratusan Warga Kaltim Senam Jantung Bersama

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, dr Jaya saat memeriksakan tekanan darahnya dalam kegiatan itu. (ist)--



Samarinda, NOMORSATUKALTIM - Senam jantung sehat bersama, dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia (HHS) Tahun 2024 digelar di halaman kantor Gubernur Kalimantan Timur, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Minggu pagi (9/6/2024). 

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk pegawai pemerintah dan masyarakat umum.

Acara senam jantung sehat ini dimulai pukul 06.00 WITA dengan sesi pemanasan yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Peserta terlihat antusias mengikuti setiap gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah. Meskipun sempat hujan gerimis, namun tidak menyurutkan semangat peserta.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, dr Jaya Mualimin dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen untuk terus mendukung program-program kesehatan. Khususnya dalam upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi. 

"Kami akan terus berupaya menyediakan akses pelayanan kesehatan yang memadai, meningkatkan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya pengendalian tekanan darah, serta memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat," ujar dr. Jaya Mualimin.

Hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum dan dapat dicegah. Dengan berolahraga secara rutin, seperti senam jantung sehat ini, dapat menurunkan risiko terkena hipertensi dan penyakit jantung 

Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan jantung dan mencegah hipertensi melalui pola hidup sehat dan olahraga teratur. 

Dalam acara ini juga diisi dengan berbagai aktivitas edukatif. Seperti pemeriksaan tekanan darah gratis, cek kolestrol,cek asam urat gratis hingga konsultasi kesehatan dan juga bazzar UMKM.

Senam jantung sehat ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya pola hidup sehat dalam mencegah hipertensi dan penyakit lainnya. (Rey/Adv/Kominfo Kaltim) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: