Tingkatkan Keterampilan SDM, PT Berau Coal Gelar Pelatian Menjahit Busana Batik

Tingkatkan Keterampilan SDM, PT Berau Coal Gelar Pelatian Menjahit Busana Batik

Pelatihan menjahit yang digelar PT Berau Coal-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mendukung ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, PT Berau Coal melaksanakan Pelatihan Menjahit Busana Batik menggunakan kain batik Berau, dengan menghadirkan pemateri yang ahli di bidangnya.

Pelatihan ini berlangsung selama lima hari, dimulai sejak Selasa (4/6/2024) di ruang pelatihan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Berau.

Pelatihan ini dibuka oleh Sri Aslinda Gamalis selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau.

Dalam kegiatan ini turut hadir juga perwakilan dari Diskoperindag Berau, Disnakertrans Berau dan Rumah BUMN Berau.

BACA JUGA : 7 Rumah di Permukiman Padat Penduduk Ludes Karena Amukan Si Jago Merah

Dalam sambutannya, Sri Aslinda Gamalis menuturkan, pelatihan yang diselenggarakan merupakan salah satu upaya dalam menjaga warisan budaya.

Pihaknya berharap, PT Berau Coal sebagai mitra pemerintah, dapat terus mendukung hal tersebut guna menggali potensi daerah.

“Batik merupakan warisan budaya yang sangat penting untuk bangsa kita. Melalui pelatihan ini kita menjaga warisan budaya dengan menambah nilai ekonomi di dalamnya. Saya harap PT Berau Coal akan terus menyelenggarakan kegiatan ini di setiap kecamatan,” tuturnya. 

Sebanyak 16  peserta yang berasal dari berbagai kampung lingkar tambang mengikuti pelatihan ini.

BACA JUGA : Pria Berumur Disarankan Kurangi Minum pada Malam Hari, Ini Alasannya

Sebelum dilatih menjahit, para peserta terlebih dahulu dibekali dengan materi tentang kain batik, cara kombinasi kain batik hingga cara menggambar desain busana oleh Anisah Dhiyah Azizah selaku Fashion Designer. 

“Menjahit kain batik berbeda dengan menjahit kain non batik. Diperlukan keahlian khusus,” ucap Aprita Lestari selaku Community Base Development Superintendent PT Berau Coal.

Aprita Lestari mengatakan, pelatihan menjahit busana batik termasuk dalam program unggulan PPM PT Berau Coal, yakni pengembangan ekonomi khusus untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM.

Dirinya mengungkapkan pelatihan ini diadakan guna melanjutkan program PPM sebelumnya, yaitu pelatihan membatik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: