Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Kukar Buat 8 Jenis Pelatihan Keahlian

Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Kukar Buat 8 Jenis Pelatihan Keahlian

Pengoperasian alat berat menjadi salah satu jenis pelatihan yang akan disuguhkan Disnakertrans Kukar untuk mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal.-ist-diskominfo kukar


KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Isu pengangguran menjadi persoalan yang berkelanjutan. Karena itu Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah merencanakan serangkaian pelatihan kerja tahun 2024 ini untuk menekan angka pengangguran yang membeludak.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas Disnakertrans Kukar, Lukman, menyoroti pentingnya inisiatif ini dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing.

Atas dasar itu, Disnakertrans Kukar akan menyelenggarakan delapan jenis pelatihan yang meliputi bidang operasi alat berat, desain grafis, kreasi konten, teknik pengelasan, penataan rambut, pelatihan SKK migas, mekanik dasar, dan pelatihan keamanan.

Dengan target pembinaan untuk 6.000 pekerja, program ini diharapkan dapat mendukung visi Bupati Kukar untuk menciptakan masyarakat yang ‘Siap Kerja’.

“Kami bertujuan untuk tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga memastikan bahwa peserta dapat terintegrasi ke dalam dunia kerja,” ucap Lukman.

Disnakertrans Kukar juga berencana untuk bekerja sama dengan Bidang Perencanaan dan Penempatan untuk mengawal peserta pelatihan hingga mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Langkah ini diambil untuk memastikan penyerapan tenaga kerja yang efektif dan mengurangi angka pengangguran di Kukar.

“Kami akan melakukan follow-up dengan perusahaan-perusahaan mitra untuk memastikan peserta pelatihan mendapatkan pekerjaan,” tambah Lukman.

Lukman berharap, pelatihan yang akan diselenggarakan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para pemuda di Kukar, memudahkan mereka dalam mendapatkan pekerjaan setelah pelatihan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: