Jangan Anggap Remeh Peran Perempuan Masa Sekarang

Jangan Anggap Remeh Peran Perempuan Masa Sekarang

Kegiatan talkshow memeringati hari Kartini di Midtown Hotel Samarinda, Kamis 25 April 2024.-Ari/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kartini masa kini memiliki tantangan besar dalam mengimbangi karir dan kewajiban sebagai seorang Ibu dan Istri. Sosok hawa ini memiliki posisi yang vital dalam lingkungan mereka  

“Biar bagaimana pun kita tidak bisa menjadi kepala, tapi kita bisa menjadi leher untuk menggerakan dalam sebuah keluarga,” ucap Psikolog Klinis Rani Meita Pratiwi M,Psi, saat menjadi pembicara Talkshow spesial Hari Kartini, di Hotel Midtown Samarinda, Kamis 25 April 2024 sore.  

Rani sebagai seorang ahli kejiwaan memberikan wejangannya kepada para Kartini masa kini, untuk mengerti secara utuh konsep kesetaraan gender.

“Bagi perempuan hati-hati dengan konsep kesetaraan gender tapi jangan egois untuk ingin menjadi nomor satu ketimbang laki-laki, artinya kita setara dalam soal pekerjaan tapi kita tetap saling membutuhkan dalam kehidupan,” tuturnya.

BACA JUGA:Komnas Perempuan: Banyak Gen Z Ogah Menikah, Prioritaskan Karier

Begitu juga dalam dunia pekerjaan. Sosok perempuan yang hadir di tengah-tengah lingkungan kerja juga bisa membuat suasana kantor jauh lebih hidup. Karena kaum hawa memiliki sentuhan yang tak dimiliki oleh kaum adam.

“Kalau saya ambil contoh di rumah kita sendiri saja, apabila tidak ada istri atau ibu maka rumah agak sedikit berantakan dan kurang hidup. Sentuhan perempuan di lingkungan pekerjaan sangat bisa menghidupkan suasana, seperti lebih disiplin dan lebih berestetika di lingkungan pekerjaan,” ungkapnya.

Namun ketika sudah sampai rumah, maka para wanita harus mengabdikan dirinya ke keluarga yang mereka cintai.

“Ketika sudah sampai rumah maka lakukan kegiatan anda sebagai seorang Istri atau Ibu. Bahkan sekalas Ibu Sri Mulyani ataupun Bu Retno ketika sampai rumah saja dia tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang Ibu ataupun Istri,” jelas Dokter Kejiwaan RSJ Atma Husada.

BACA JUGA:Bukan Cuma Cantik, Dua Perempuan Ini Terbukti Mandiri

Senada, Henny Sylivia, tokoh perempuan Kaltim lainnya mengungkapkan agar jangan menganggap remeh kaum hawa. 

“Jangan underestimate kepada perempuan. Kaum wanita sekarang sangat bisa bersaing di segala jenis profesi. Perempuan itu sangat porfesional serta dedikasi yang kuat untuk hal yang dikerjakannya. Representasi Wanita sudah sama imbang dengan pria di segala profesi,” ucap Henny.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: