Arus Balik Hari Ini di Pelabuhan Semayang Balikpapan Terpantau Normal

Arus Balik Hari Ini di Pelabuhan Semayang Balikpapan Terpantau Normal

Suasana di Pintu Kedatangan Pelabuhan Semayang Balikpapan pada momentum arus balik lebaran 2024, Senin (15/4/2024). -Humas Polresta Balikpapan-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Puncak arus balik di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin 15 April 2024 terpantau normal. Para petugas sudah bersiap siaga mengamankan titik arus balik jalur laut tersebut. 

Seperti terpantau hari ini, para penumpang yang datang menggunakan KM Rucitra VII, rute Surabaya - Balikpapan. Kapolsek Pelabuhan Semayang Balikpapan, AKP Hari Purnomo, menuturkan bahwa petugas gabungan dari Posko Terpadu Ops Ketupat Maha Polresta Balikpapan, Polda Kalimantan Timur dan instansi terkait bersiaga dalam pengamanan arus balik tersebut.

“Proses pengamanan arus balik penumpang berlangsung lancar. Tidak ada laporan kejadian luar biasa dan tentunya banyak petugas berjaga untuk mengarahkan para penumpang tersebut,” ujar AKP Hari Purnomo. 

Ia juga mengimbau kepada para penumpang, untuk memastikan barang bawaan mereka tidak tercecer atau ketinggalan di kapal. 

BACA JUGA:Puncak Arus Balik di Pelabuhan Semayang Diprediksi Berlangsung 14-16 April 2024

“Kamu ingatkan juga agar mereka (penumpang) untuk memastikan keluarga dan rombongan mereka lengkap sebelum meninggalkan pelabuhan, terutama untuk yang membawa anak kecil,” tambah AKP Hari Purnomo.

Disamping itu menurut pantauan Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun bahwa arus balik penumpang kapal saat ini sudah melandai dibandingkan dengan saat kedatangan kapal pertama. 

“Kemungkinan karena adanya pemberitahuan pembagian jadwal WFH ya, jadi pegawai masuk secara bergantian. Jadi untuk hari ini penumpang yang datang terpantau landai,” ujar Ipda Sangidun.

Sementara itu, salah satu pihak Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan yang bertugas di posko, Tita Jelista, menerangkan bahwa lonjakan penumpang arus balik telah terjadi pada Minggu 14 April 2024 kemarin. 

BACA JUGA:Lapas Kelas IIA Balikpapan Gelar Kegiatan Donor Darah.

Hal tersebut, menurutnya, karena memasuki hari terakhir masa akhir libur bersama. Sedangkan hari ini, meski demikian, Ia juga mengungkapkan bahwa arus balik lebaran tahun ini meningkat 33,55 persen, namun tidak begitu signifikan.

“Tahun ini dibandingkan tahun lalu ada peningkatan namun tidak signifikan ya. Dan untuk data hari ini kami belum rekap karena menunggu close kegiatan dan akan di update esok harinya,” pungkas Tita.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: