167 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim, BMKG: Kewaspadaan Perlu Ditingkatkan

167 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim, BMKG: Kewaspadaan Perlu Ditingkatkan

Kebakaran lahan terpantau di kilometer 5 Tol Balikpapan-Samarinda, beberapa waktu lalu.-(Dok. Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Cuaca panas di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam beberapa hari terakhir, memicu pertumbuhan titik panas di sejumlah kawasan.

Kondisi ini meningkatkan kerawanan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Benua Etam, nama lain Kaltim.

BMKG Stasiun Balikpapan merilis hasil pantauannya pada hari Minggu (14/4/2024), terdeteksi 167 titik panas yang tersebar di seluruh Provinsi Kaltim. Jumlah terbanyak berada di Kutai Timur (Kutim) dengan 72 titik panas.

BACA JUGA: 84 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, Paling Banyak di Kutai Timur

"Jumlah titik panas sebanyak 167 ini mengalami peningkatan ketimbang hari sebelumnya, Sabtu, 13 April 2024," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Balikpapan, Diyan Novrida pada hari Senin (15/4/2024).

Menurut Diyan, sebaran 167 titik panas yang terpantau sepanjang hari Minggu, mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita, telah diteruskan kepada Manggala Agni, BPBD provinsi dan kabupaten/kota, Disdamkar dan pihak terkait lainnya. 

"Kewaspadaan perlu dilakukan karena sejumlah kawasan masih mengalami cuaca panas dalam beberapa hari berturut-turut, sehingga hal ini menyebabkan dahan, ranting, dan daunnya mengering yang rawan terjadi kebakaran," tuturnya.

BACA JUGA: Arus Pendek Memicu Kebakaran Tenant Makanan di Bandara Sepinggan Balikpapan

Dilansir dari Antara, 167 titik panas yang terpantau pada Minggu kemarin tersebar di lima daerah. Yakni, Bontang 2 titik, Kutai Barat 19 titik, Kutai Timur 72 titik, Kutai Kartanegara 65 titik, dan Berau 9 titik.

Rinciannya, 2 titik api di Bontang berada di Kecamatan Bontang Selatan dengan tingkat kepercayaan menengah, di Berau dengan 9 titik tersebar di Kecamatan Talisayan 1 titik, Pulau Derawan 6 titik, dan Kecamatan Kelay 2 titik dengan tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Barat terdapat 19 titik yang tersebar di lima kecamatan yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Yakni di Kecamatan Bongan 7 titik, Damai 1 titik, Jempang 5 titik, Muara Pahu 5 titik, dan Kecamatan Siluq Ngurai 1 titik.

BACA JUGA: Enam Kali Kebakaran Menyerang Selama Ramadan, di Sini Lokasi-lokasinya

Kabupaten Kutim terpantau 72 titik tersebar pada 9 kecamatan dengan tingkat kepercayaan menengah dan tinggi. Yakni di Kecamatan Sangatta Utara 6 titik, Bengalon 32 titik, Kaubun 1 titik, Kongbeng 11 titik, Muara Ancalong 2 titik, Muara Wahau 3 titik, Rantau Pulung 7 titik, Sangkulirang 3 titik, dan Kecamatan Teluk Pandan 7 titik.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara dengan 65 titik tersebar pada 5 kecamatan yakni Muara Kaman 7 titik, Muara Muntai 22 titik, Kota Bangun 5 titik, Loa Janan 2 titik, dan Marang Kayu 29 titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: