84 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, Paling Banyak di Kutai Timur

84 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, Paling Banyak di Kutai Timur

Kebakaran lahan terjadi di sekitar Kilometer 5, Tol Balikpapan-Samarinda pada Sabtu (6/4/2024).-(Nomorsatukaltim/Hariadi)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 84 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

84 titik panas atau hotspot ini terpantau satelit BMKG sepanjang hari Sabtu, 6 April 2024, mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita. 

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I  BMKG Balikpapan, Diyan Novrida menyatakan, temuan ini telah disampaikan ke seluruh pihak terkait untuk dilakukan penanganan sesuai prosedur agar tidak menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam skala yang luas.

BACA JUGA: Kebakaran di Sungai Ampal Balikpapan, Satu Bocah Meninggal, Jenazahnya Tertutup Puing-Puing Bangunan

"Jumlah titik panas ini mengalami kenaikan dibanding hari sebelumnya (Jumat) yang terpantau 59 titik dan tersebar pada tiga kabupaten yakni Kutai Barat (35), Kutai Timur (13), dan Kabupaten Kutai Kartanegara terpantau (11) titik," tutur Diyan, dikutip dari Antara, Minggu (7/4/2024).

Diyan menjelaskan, 84 titik panas yang terpantau pada Sabtu (6/4/2024), tersebar di lima daerah yakni Kota Bontang (1), Kabupaten Paser (4), Kutai Barat (18), Kutai Timur (38), dan Kabupaten Kutai Kartanegara (23).

BACA JUGA: Angkutan Sungai Masih Jadi Andalan Masyarakat Kaltim untuk Mudik Lintas Kabupaten

Ia merincikan, titik panas di Bontang berada di Kecamatan Bontang Selatan dengan tingkat kepercayaan rendah.

Di Paser tersebar di tiga kecamatan yaitu Batu Sopang (2), Batu Engau (1), Pasir Belengkong (1), semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Berikutnya, di Kutai Barat terdeteksi 18 titik panas yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bongan (2), Jempang (13), dari Muara Pahu (3) titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

BACA JUGA: Pemudik Capai 21 Ribu dalam Sehari, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Catat Rekor Terpadat

Kabupaten Kutai Timur terpantau 38 titik tersebar pada enam kecamatan yakni Sangatta Utara (4), Bengalon (16), Rantau Pulung (12), Sangkulirang (2), Telen (2), dan Kecamatan Teluk Pandan (2) dengan tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara terpantau 23 titik tersebar pada delapan kecamatan yakni Kembang Janggut (3), Loa Janan (3), Marangkayu (4), Muara Badak (3), Muara Kaman (4), Muara Muntai (4), Sebulu (1), dan Kecamatan Tabang (1) dengan tingkat kepercayaan rendah dan menengah.

BACA JUGA: Imam Jemaah Aolia Mengaku Telpon Allah, Ketua PBNU: Tidak Boleh Dijadikan Tuntunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: