Enam Kali Kebakaran Menyerang Selama Ramadan, Di Sini Lokasi-lokasinya

Enam Kali Kebakaran Menyerang Selama Ramadan, Di Sini Lokasi-lokasinya

TKP kebakaran di kawasan Jalan Sungai Ampal, Balikpapan Tengah, yang terjadi pada Sabtu (6/4/2024). -Chandra/Disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Sepanjang Bulan Ramadan 1445 Hijriah ini, Kota Balikpapan alami beberapa kali peristiwa kebakaran. Kepala BPBD Balikpapan, Usman Ali menuturkan memang insiden kebakaran cenderung meningkat selama Ramadan.

Menurut Usman Ali, pemicu kebakaran pada sering kali disebabkan oleh penggunaan kompor. Karena intensitas memasak cenderung lebih meningkat pada Ramadan

Berikut ini adalah rangkuman beberapa insiden kebakaran yang terjadi selama Ramadan 1445 Hijriah di Balikpapan:

1. Kebakaran yang terjadi pada pemukiman warga di Jalan Tanjung Kelor RT 09 Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, pada Minggu (17/3/20240 pukul 03.00 Wita. Kebakaran tersebut menghanguskan setidaknya 5 rumah dan 2 rumah lainnya ikut terdampak.

2. Kebakaran yang menghanguskan Kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, pada Senin (18/3/2024) pukul 05.00 Wita. Api berhasil dikuasai oleh tim dari BPBD Kota Balikpapan dengan menurunkan sebanyak 15 unit mobil pemadam. Insiden kebakaran ini menghanguskan kurang lebih sebanyak 45 rumah rusak berat dan 19 rumah rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

BACA JUGA:Kebakaran di Sungai Ampal Balikpapan, Satu Bocah Meninggal, Jenazahnya Tertutup Puing-Puing Bangunan

3. Kebakaran yang terjadi pada sebuah rumah kosong yang terletak di Jalan RE Martadinata RT 62 Kelurahan Gunung Sari Ilir, Kecamatan Balikpapan Tengah pada Senin (18/3/2024) pukul 15.30 Wita. Api berhasil dikuasai dengan cepat pada pukul 16.00 Wita dan dilanjutkan dengan proses pendinginan oleh tim pemadam kebakaran BPBD Kota Balikpapan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

4. Insiden kebakaran yang terjadi pada sebuah rumah di Jalan MT Haryono (Tumaritis) RT 42 No 139, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara pada Rabu (27/3/2024) sekitar pukul 23.30 Wita.

Pada insiden ini menghanguskan sebagian lantai dua pada rumah tersebut dan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

5. Kebakaran yang terjadi pada tempat usaha atau rumah makan di Kawasan Dondang, Jalan APT Pranoto, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Kota, pada Minggu (31/3/2024) sekitar pukul 17.45 Wita.

Api pun berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 19.00 Wita dan dilanjutkan dengan proses pendinginan. Peristiwa ini menghanguskan setidaknya 5 rumah, Dimana 4 rumah diantaranya rusak berat dan 1 rumah terdampak atau rusak ringan.

6. Insiden kebakaran yang menewaskan satu orang anak di kawasan Jalan Sungai Ampal Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah pada Sabtu (6/4/2024) pukul 15.00 Wita.

BACA JUGA:Kebakaran Melalap 15 Ruko di Sungai Ampal Balikpapan, Satu Motor Ikut Terbakar

Kebakaran ini menghanguskan setidaknya 15 petak ruko. Dan menurut keterangan dari Komandan regu (Danru) Basarnas Kota Balikpapan, Arif Arianto, korban tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dengan luka bakar dan tertimpa puing-puing bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: