Ribuan Warga Aceh Barat, Baru Rayakan Idul Fitri pada Hari Kamis

Ribuan Warga Aceh Barat, Baru Rayakan Idul Fitri pada Hari Kamis

Ilustrasi - Peserta takbir keliling di Provinsi Aceh-(Dok. Pemprov Aceh)-

NOMORSATUKALTIM - Ribuan warga Kabupaten Aceh Barat, baru merayakan Idul Fitri 1445H/ 2024 pada hari ini, Kamis (11/4/2024).

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Isa mengatakan, hingga hari Rabu (10/4/2024), ribuan warganya masih melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

"Ribuan masyarakat Muslim di Aceh Barat masih berpuasa ini dan akan berhari raya pada Kamis (11/4)," demikian kata Isa, dikutip Antara, pada Rabu.

Menurutnya, hasil musyawarah ulama-ulama dayah atau pesantren tradisional setempat, menyepakati untuk menggenapkan puasa Ramadan 1445 Hijriah menjadi 30 hari.

"Keputusan ini diperoleh setelah pada Selasa (9/4/2024), para ulama yang ikut melihat hilal di Kompleks Rukyatul Hilal Kabupaten Aceh Barat di Desa Suak Geudubang, Kecamatan Samatiga, tidak melihat adanya hilal karena tertutup mendung," tutur Isa.

Atas dasar itulah, para ulama dayah Kabupaten Aceh Barat melakukan rapat dan musyawarah, dan kemudian mengambil keputusan untuk menggenapkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah menjadi 30 hari.

"Para ulama menyepakati bahwa Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada Kamis (11/4)," kata Isa.

Isa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menghormati sepenuhnya perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, mengingat hal tersebut selama ini memang sering terjadi.

"Adanya perbedaan Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Aceh Barat merupakan hal yang lumrah, karena sudah sering terjadi bertahun-tahun," ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh menyebut, perbedaan ini juga telah dimaklumi oleh umat muslim di wilayah setempat. Sehingga ada ruang toleransi terhadap adanya perbedaan tersebut.

Diketahui, pemerintah dan dua ormas Islam terbesar di Indonesia yakni NU dan Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari Rabu (10/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: