Sah, Menteri Agama Tetapkan 1 Syawal Jatuh Rabu Besok, NU-Muhammadiyah Idulfitri Bareng

Sah, Menteri Agama Tetapkan 1 Syawal Jatuh Rabu Besok, NU-Muhammadiyah Idulfitri Bareng

Menteri Agama Yaqout Cholil Choumas membacakan penetapan sidang isbat 1 Syawal 1445 Hijriah-tangkapan layar-

NOMORSATUKALTIM – Kementerian Agama RI akhirnya menetapkan 1 Syawal jatuh Rabu 10 April 2024 besok. Penetapan itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil saat siding penetapan 1 Syawal, Selasa 9 April 2024. 

“Berdasar posisi hilal Indonesia dan laporan hilal yang terlihat, 1 Syawal jatuh pada Rabu besok, 10 April. Demikian hasil sidang isbat yang baru saja kita semua laksanakan dan sepakati,” terang Yaqut Cholil Choumas.  

“Kita berharap dengan hasil sidang isbat ini, seluruh umat Islam dapat merayakan dengan suka cita. Mudahan ini wujud suka cita umat Islam di Indonesia dalam menjalankan ibadah, dalam naungan tanah air yang sama,” tutup Yaqut Cholil Choumas. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) BIdang Fatwa Asrorun Niam Sholeh juga turut angkat bicara. Ia katakan pemerintah sebagai pengatur otoritas masalah publik, punya kewenangan menetapkan 1 Syawal, berdasarakan pertimbangan pandangan keagamaan. 

“Pandangan keagamaan sudah disampaikan, ulil amri melalui menteri agama baru saja tetapkan 1 Syawal jatuh esok hari,” kata KH Asrorun.  

Dikatakan Asrorun, momentum 1 Syawal tahun ini juga dilakukan berbarengan  antara dua ormas besar Islam, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah

“Ini bisa dijadikan sebagai ‘amul jamaah, tahun kebersamaan, tahun persaudaraan sekaligus momentum rekonsiliasi nasional setelah kita terfragmentasi dalam perbedan pilihan politik. Dan kebersamaan ini berada dalam satu titik, meneguhkan komitmen kita membangun bersama,” tegas KH Asrorun. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: