Selama Lebaran DKK Balikpapan Dirikan Posko Kesehatan di Beberapa Titik

Selama Lebaran DKK Balikpapan Dirikan Posko Kesehatan di Beberapa Titik

Kantor Dinas Kesehatan Balikpapan. -Chandra/Disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Memasuki Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mendirikan posko pelayanan kesehatan. Demikian penuturan Kepala DKK Balikpapan, Alwiati. 

Dia mengatakan bahwa posko ini didirikan tujuannya untuk mengantisipasi kebutuhan para pemudik, selama musim mudik dan libur Lebaran 2024 ini.

Alwiati menambahkan bahwa posko tersebut berada di beberapa titik strategis. Yakni di  Pelabuhan Ferry Kariangau, Terminal Batu Ampar, Pantai Manggar Segara Sari, Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC), sejak 4 sampai 15 April 2024.

"Masing-masing posko tersebut akan terdapat tim medis, juga ada public safety center (PCS) 119," terang Alwiati Senin 8 April 2024. 

BACA JUGA:Perkenalkan Kesenian Adat, LMAKB Agendakan Audiensi dengan Otorita IKN

Dia menerangkan pula bahwa PCS 119 Balikpapan ini disediakan apabila terdapat laporan kecelakaan lalu lintas, kemudian gawat darurat medis di tempat umum dan lain sebagainya.

"Jadi adanya posko ini, kami harapkan bisa dimanfaatkan masyarakat. Karena memang fungsinya untuk deteksi dini penyakit, agar jangan sampai kelelahan selama perjalanan mudik," tuturnya.

Selain itu, DKK Balikpapan juga membuka layanan puskesmas perawatan yang dibuka selama 24 jam. Meliputi puskesmas Sepinggan, Balikpapan Selatan; puskesmas Mekar Sari, Balikpapan Tengah; puskesmas Klandasan Ilir, Balikpapan Kota; puskesmas Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Barat; puskesmas Karang Joang, Balikpapan Utara; puskesmas Manggar Baru, Balikpapan Timur; puskesmas Kariangau, Balikpapan Barat.

Kemudian ada juga Puskesmas non perawatan yang melaksanakan pelayanan pada saat hari libur Idulfitri 1445 Hijriah, per tanggal 8, 9, 12, 13 dan 15 April 2024. Dengan jadwal pelayanan mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Diantaranya untuk Kecamatan Balikpapan Timur ada Puskesmas Teritip, Puskesmas Lamaru dan Puskesmas Manggar.

BACA JUGA:Pesan Kapolresta Balikpapan Kepada Calon Pemudik

Di Balikpapan Selatan ada Puskesmas Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Kota ada Puskesmas Damai, Puskesmas Prapatan, Puskesmas Telaga Sari. Di Kecamatan Balikpapan Tengah ada Puskesmas Gunung Sari Ilir, Puskesmas Gunung Sari Ulu, Puskesmas Karang Rejo, Puskesmas Karang Jati, Puskesmas Sumber Rejo.

Selanjutnya di Kecamatan Balikpapan Utara meliputi Puskesmas Batu Ampar, Puskesmas Graha Indah, Puskesmas Gunung Samarinda, Puskesmas Muara Rapak. Dan terakhir di Kecamatan Balikpapan Barat ada Puskesmas Baru Tengah, Puskesmas Baru Ilir, Puskesmas Marga Sari, Puskesmas Margo Mulyo.

"Tim puskesmas non perawatan yang bertugas nanti ada dokter, perawat atau bidan, apoteker atau asisten apoteker, petugas administrasi dan sopir ambulans," pungkas Alwi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: