MotoGP Resmi Diakuisisi Liberty Media Senilai Rp72 Triliun, Gabung Bersama F1 Grup

MotoGP Resmi Diakuisisi Liberty Media Senilai Rp72 Triliun, Gabung Bersama F1 Grup

Perusahaan pemilik F1, Liberty Media resmi mengakuisisi perusahaan induk MotoGP, Dorna Sports.-(Foto/Dok.MotoGP)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Perusahaan pemilik Formula 1 (F1) yang berbasis di AS, Liberty Media resmi mengumumkan pengambilalihan perusahaan induk MotoGP, Dorna Sports, pada Senin (1/4/2024).

Liberty Media menyatakan telah mengambil alih perusahaan induk kejuaraan balap motor terkemuka dunia itu dengan kompensasi sebesar 4,2 miliar euro atau sekitar sekitar Rp72 triliun.

Pun telah menjadi bagian dari grup F1, Dorna akan tetap berbasis di Madrid, dengan CEO yang sudah lama menjabat, yakni Carmelo Ezpeleta.

BACA JUGA: FF78 GK Training, Akademi Kiper Pertama di Kaltim: Latihan setara Leicester City

“Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balap,” kata Ezpeleta dalam pernyataan resminya.

Kesepakatan ini membuat Liberty Media mengakuisisi sekitar 86 persen saham Dorna, dengan manajemen Dorna mempertahankan sekitar 14 persen ekuitasnya, dan kesepakatan itu diharapkan selesai pada akhir tahun 2024.

Transaksi tersebut mencerminkan nilai perusahaan sebesar 4,2 miliar euro untuk Dorna/MotoGP dan nilai ekuitas sebesar 3,5 miliar euro, kata pernyataan itu.

BACA JUGA: IMI Kaltim Adakan Kejurprov dan Kejurnas Pasca Lebaran

Dorna Sports yang sekitar 40 persen sahamnya dimiliki oleh perusahaan investasi swasta Inggris Bridgepoint Group, juga mempromosikan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) dan MotoE.

“Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP,” kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei.

“Bisnis ini memiliki keuntungan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami,” lanjutnya.

BACA JUGA: Liga 1 Ditunda, Pelatih Borneo FC Tidak Mau Ambil Pusing

Pengambilalihan ini dapat menarik pengawasan regulasi. CVC Capital Partners yang menjual Formula 1 ke Liberty pada tahun 2017, diizinkan oleh Komisi Eropa untuk membeli F1 pada tahun 2006 dengan syarat mereka menjual Dorna.

Badan Investasi Rencana Pensiun Kanada (CPPIB) membeli 39 persen saham Dorna dari Bridgepoint pada tahun 2012. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id