FF78 GK Training, Akademi Kiper Pertama di Kaltim: Latihan setara Leicester City

FF78 GK Training, Akademi Kiper Pertama di Kaltim: Latihan setara Leicester City

FF78 GK Training Samarinda merupakan akademi kiper pertama di Kalimantan Timur (Kaltim).-(Foto/Dok.Pribadi)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - FF78 GK Training merupakan akademi khusus penjaga gawang yang pertama di Kalimantan Timur (Kaltim). Akademi ini menggunakan materi yang sama dengan klub besar Liga Inggris yaitu Leicester City.

Ferdi Ferdiansyah selaku pendiri sekaligus pemilik FF78 GK Training menjelaskan, latar belakang berdirinya akedemi khusus penjaga gawang satu-satunya di Kaltim ini.

“Ketika itu saya masih menjadi pelatih kiper di Borneo FC, lalu atas arahan dari senior-senior seperti Firman Utina yang menyarankan ke saya untuk membuat akademi khusus kiper. Agar ilmu saya punya bisa didistribusikan dengan baik kepada bibit-bibit muda yang ada di Kaltim ini,” jelasnya kepada Nomorsatukaltim, Minggu (31/3/2024).

BACA JUGA: Pieter Huistra Heran, Cadenazzi Ditarik Keluar, Pemain Borneo FC Malah Main ke Belakang

Atas saran itulah, Ferdi membuka FF78 GK Training untuk mewadahi minat anak-anak yang ingin menjadi garis terakhir pertahanan sebuah tim sepakbola.

Akademi ini membina sejumlah anak-anak siswa sekolah sepakbola (SSB) yang ada di Kota Samarinda.

“Anak-anak di sini rata-rata dari SSB, karena kalau di SSB itu anak-anak diajarkan dasar-dasar permainan sepakbola. Jadi bagi yang ingin lebih mengasah skill menjadi seorang kiper, mereka bergabung di sini," terangnya.

BACA JUGA: PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Demi Timnas di Piala Asia U-23


Siswa akademi FF78 GK Training, Samarinda dilatih dengan kurikulum klub Liga Inggris, Leicester City.-(Foto/Dok.Pribadi)-

"Pada dasarnya di akademi ini tidak hanya diajarkan dasar-dasar bermain sepakbola saja, melainkan dasar-dasar khsus menjadi kiper yang terampil,” imbuhnya.

Pelatih khusus Kiper Borneo FC ini menyebut, anak-anak asuhnya dibina secara profesional dengan materi yang serupa dengan klub liga Inggris, Leicester City.

“Di akademi ini materi yang kami ajarkan sudah setara dengan materi Leicester City. Karena kami menggunakan aplikasi program oleh Leicester City. Jadi anak-anak yang belajar di sini punya pelatihan yang berjenjang serta terukur. Sama layaknya seperti kurikulum yang ada di sekolah,” jelasnya.

BACA JUGA: Niat Zakat Fitrah, Arab, Latin serta Artinya, Lengkap dengan Doa Penerimanya

Lanjutnya, Ferdi menjelaskan bahwa di akademi ini anak asuhnya akan menerima rapot perkembangan mereka selama di akademi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: