Kebutuhan Daya Terpenuhi, PLN Klaim Tidak Ada Lagi Pemadaman

Kebutuhan Daya Terpenuhi, PLN Klaim Tidak Ada Lagi Pemadaman

Peninjauan Bupati Berau ke PLTU Teluk Bayur pada tahun 2023.-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Setiap tahunnya, pada bulan suci ramadan dan menjelang hari raya IdulFitri di kabupaten Berau sering terjadi pemadaman listrik bergilir. Namun, pada tahun ini PLN UP3 Berau memastikan pasokan listrik di wilayah Berau aman dan tidak ada pemadaman lagi.

 

Manager PT PLN (Persero) UP3 Berau, Rizky Rhamdan, menjelaskan, pemadaman bergilir yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya terjadi karena ketidakcukupan daya.

“Ada juga gangguan karena eksternal yang tidak bisa kita hindari, misal ada jaringan tertimpa pohon, kabel putus, bencana alam dan lain-lain yang tidak bisa kita prediksi,” ungkapnya, Rabu (20/3/2024).

BACA JUGA : PT Berau Coal Kembali Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Kebakaran di Kampung Pegat Bukur

Selain itu, diakuinya, pemadaman juga terjadi karena terdapat sedikit kendala pada pembangkit. Namun, hal itu sudah diatasi sehingga suplai daya sudah kembali aman. PLN juga mengantisipasi potensi gangguan jaringan akibat cuaca ekstrem akhir-akhir ini.

“Curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang berpotensi menyebabkan pohon tumbang dan mengganggu jaringan SUTM PLN,” jelasnya.

BACA JUGA : Kendaraan di Balikpapan Tumbuh 100 Unit per Hari, Dishub Berencana Tambah TL di Sejumlah Titik

Sebagai langkah antisipasi, PLN telah melakukan pemangkasan pohon di sekitar jaringan SUTM. Diketahui, saat ini, Daya Mampu Pasok pembangkit di Kaltara mencapai 37 MW, sedangkan Beban Puncak Malam sekitar 34 MW, kebutuhan daya di Berau 35 MW.

"PLN Berau sekarang tidak defisit energi lagi tidak seperti tahun tahun sebelumnya karena suplai dari Bulungan berjalan normal," katanya.

Rizky memaparkan, saat ini kebutuhan Daya untuk mencukupi wilayah Kabupaten Berau surplus 5 MW.

BACA JUGA : Dikabarkan Maju di Pilgub Kaltim, Rudy Mas'ud: Kita Masih Fokus Pileg dan Pilpres

“Jadi, kalau secara kecukupan daya, ya cukup. Kami aman,” terangnya.

Rizky mengimbau, bila terjadi masalah terkait kelistrikan, pelanggan dapat melakukan menghubungi pihak PLN. Sebab, pihaknya juga akan siaga 24 jam untuk menjaga keandalan suplai listrik.

"Masyarakat bisa segera menghubungi contact center PLN 123 atau +62 813-6223-4886 jika mengalami gangguan listrik," tandasnya.

BACA JUGA : Kelangkaan LPG Kembali Terjadi di Berau, Gamalis Pastikan Penyaluran Kembali Normal

Sementara itu, Manager PLN ULP Tanjung Redeb Ikrarda Tegar Pambudi menegaskan, akan meningkatkan pelayanan kelistrikan selama Ramadan.

Pihaknya telah mengerahkan tim kelistrikan untuk melakukan perawatan saluran energi dengan pasang Insulator.

"Untuk antisipasi ada gangguan hewan pada jaringan listrik, kami telah pasang Insulator pada saluran udara tegangan ekstra tinggi atau sutet," terangnya.

Diketahui, Kegiatan pemasangan Insulator baru oleh PLN Berau telah berlangsung di Kampung Tasuk, Kecamatan Gunung Tabur.

BACA JUGA : Kenaikan Harga beras Secara Nasional Tidak Pengaruhi Daya Beli Masyarakat Berau

Adapun beberapa sutet yang telah terpasang Insulator yakni di Kecamatan Gunung Tabur, Teluk Bayur, Sambaliung serta Tanjung Redeb.

"Sejauh ini kegiatan pemasangan Insulator di empat kecamatan terdekat, yaitu Gunung Tabur, Teluk Bayur, Sambaliung dan Tanjung Redeb," ujarnya.

Ikrarda menjelaskan, manfaat pemasangan Insulator baru ini untuk perawatan tiang sutet agar terbebas dari rumput rawat, sekaligus untuk mempermudah tim teknis PLN lakukan pekerjaan rutin dan berkala jika sutet tersebut mengalami gangguan jaringan.

"Kepada masyarakat bagi memiliki rumah berdampingan dengan tiang listrik serta kondisinya tertutup pohon rindang agar segera melapor ke PLN Berau," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: