Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Qatar, Marquez Finish Kelima

Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Qatar, Marquez Finish Kelima

Jorge Martin juara sprint race seri perdana MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Lusail, Qatar.-(Ist./ MotoGP)-

NOMORSATUKALTIM - Jorge Martin memenangi sprint race, pada putaran pertama MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Lusail, Qatar pada Minggu (10/3/2024) dini hari, waktu Indonesia. 

Pembalap Prima Pramac Racing itu memang sering naik podium tertinggi sprint race, sejak format baru ini diperkenalkan pada 2023 lalu. Terbukti, 9 kemenangan dibukukan oleh Martinator di balapan sprint.

BACA JUGA: Jajakan Foto Vulgar di Sosial Media, Wanita Muda di Balikpapan Diciduk Polda Kaltim

Pada putaran pembuka Grand Prix Qatar di Sirkuit Lusail, pemilik nomor 89 itu tampil begitu dominan selepas lampu start padam. Memulai balapan dari pole position, Martin segera merebut posisi terdepan di Tikungan 1. 

Dua rival, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) bahkan tak mampu membendung kecepatan King of Sprint.

BACA JUGA: 125 Pelanggar Terjaring Operasi Keselamatan Mahakam, Pengguna Helm Proyek Jadi Sasaran

Binder melakukan start bagus untuk posisi kedua, sedangkan pembalap anyar Gresini Racing, Marc Marquez, turun ke urutan ketujuh. Rookie Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta, terlempar keluar dari sepuluh besar.

Tiga lap pertama diisi upaya Binder yang berupaya mencari celah untuk melewati Martin. Namun, pertahanan pembalap Spanyol ini sangat rapat. Alih-alih mendekat, Binder justru tertinggal 0,524 detik saat Sprint memasuki Lap 6. 

BACA JUGA: Sempat Terdengar Dentuman Keras oleh Warga, Tim SAR Masih Lakukan Pencarian Pesawat PK-SNE PC-6

Pada tahap ini, Bagnaia berada dalam tiga besar, di depan Espargaro. Sementara itu, Marquez di posisi kelima.

Binder terus mencoba memangkas jarak dengan Martin. Tetapi tak membuahkan hasil. Pembalap KTM itu pun akhirnya harus finis kedua, dengan Martin jadi pemenang. 

Tiga besar dilengkapi Espargaro yang berhasil menaklukkan Bagnaia. Sang pembalap Aprilia sendiri sempat terlibat duel melawan Marquez pada Lap 8.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Vietnam, 28 Pemain Dipanggil ke Timnas, Ada Punggawa Borneo FC

Lalu, raihan menyakitkan dipetik Fabio Di Giannantonio. Dalam balapan pertamanya berseragam Pertamina Enduro VR46 Racing Team, ia tersingkir lebih awal lantaran terjatuh di Tikungan 10 ketika balapan baru memasuki tiga lap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: