Satu-satunya Kampung Berstatus Desa Tertinggal, Pemkab Berau Upayakan Pengembangan Kampung Mapulu

Satu-satunya Kampung Berstatus Desa Tertinggal, Pemkab Berau Upayakan Pengembangan Kampung Mapulu

Wakil Bupati Berau, Gamalis-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Kampung Mapulu menjadi satu-satunya kampung di Kabupaten Berau yang masih menyandang status kampung tertinggal.

Sehingga Pemkab Berau berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi Kampung Mapulu.

Wakil Bupati Berau, Gamalis mengatakan, Pemkab Berau terus berupaya mensejahterakan masyarakat Bumi Batiwakkal, sekaligus meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM), sehingga tidak ada lagi kampung tertinggal di Kabupaten Berau.

Dikatakannya, program pembangunan yang telah terealisasi merupakan bentuk perhatian Pemkab Berau dalam mensejahterakan masyarakat kampung 

"Kita terus melakukan pembangunan-pembangunan," ujar Gamalis, Rabu (31/1/2024).

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Tentram Rahayu mengatakan, saat ini terdapat satu kampung yang masih berstatus kampung tertinggal, yaitu Kampung Mapulu, Kecamatan Kelay. 

Sehingga, Kampung Mapulu perlu mendapatkan perhatian lebih dari pihak ketiga, Pemkab Berau, maupun Provinsi untuk pembangunan infrastruktur seperti air dan listrik serta pendidikan.

"Seperti, ada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)," ujar Tenteram.

Tentram menyebut, Pemkab Berau telah selesai membangun 26 unit rumah untuk 34 kepala keluarga (KK) di Kampung Mapulu.

"Untuk listrik, insyaallah tahun 2024 ini dilaksanakan. Untuk air telah kita anggarkan di DPUPR Berau dan semua progresnya ditahun ini," ucapnya.

Diharapkan, ketika nanti ada penilaian Indeks Desa Membangun, Kampung Mapulu bisa naik tingkat menjadi kampung berstatus berkembang.

"Semua OPD sudah sesuai arahan dari Bupati, dan ini merupakan komitmen bersama," tuturnya.

Selain itu, untuk menunjang pendidikan anak di Kampung Mapulu, pemkab Berau telah membuatkan tiga ruang kelas tambahan untuk kegiatan belajar mengajar. 

"Insyaallah gurunya juga akan ada tahun ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: