Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Kaltara Tes Urin Pengemudi Bus Damri

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Kaltara Tes Urin Pengemudi Bus Damri

Proses 'Ramp Check' armada Bus Damri yang melayani rute antar kabupaten di Kalimantan Utara.-(Dok. Dishub Kaltara)-

TARAKAN, NOMORSATUKALTIM - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar tes urin bagi pengemudi Bus Damri yang melayani rute antar kabupaten di provinsi perbatasan RI-Malaysia tersebut.

Pemeriksaan sopir bus ini untuk menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Sejumlah strategi untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, termasuk tes urine bagi pengemudi bus Damri di Kaltara," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kaltara, Andi Nasuha, dikutip dari Antara, Rabu (20/12/2023).

Selain itu, Dishub juga melaksanakan Ramp Check terhadap tujuh armada bus Damri, untuk memastikan kendaraan telah memenuhi standar keselamatan dan siap untuk dipakai melayani masyarakat.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kaca, lampu, rem, kemudi, klakson. Petugas juga yang secara detail memeriksa ban pada bus Damri.

Angkutan umum di Tanjung Selor, Bulungan juga mendapat pemeriksaan serupa untuk memastikan layak mengangkut penumpang umum selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Selain tes urine kepada pengemudi bus antar kota, Dishub juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis.

Andi menyatakan, pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan terhadap seluruh armada angkutan umum di Kaltara. Baik darat, laut dan udara yang dilakukan secara menyeluruh.

Menurut Andi, rangkaian kegiatan pemeriksaan kelayakan armada angkitan umum berlangsung dari 15 - 18 Desember 2023.

“Dapat kami sampaikan bahwa hasil pemeriksaan, inspeksi terhadap bus angkutan umum Damri sejumlah tujuh unit dinyatakan lulus uji dan dinyatakan laik jalan," katanya.

Andi juga memastikan hasil tes urine terhadap para pengemudi Bus Damri dinyatakan negatif. 

"Tidak terdapat satupun terindikasi penyalahgunaan narkotika," ungkapnya.

 Diharapkan dari semua rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan keselamatan dalam pelayanan angkutan umum.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: