DP3A Kukar Terapkan Standarisasi Infrastruktur dan Lembaga Pengasuhan

DP3A Kukar Terapkan Standarisasi Infrastruktur dan Lembaga Pengasuhan

--



Kukar, nomorsatukaltim - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar terus berupaya meningkatkan kualitas lembaga pengasuhan alternatif, dan infrastruktur ramah anak.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan dan penelantaran anak seperti yang pernah terjadi di Samarinda beberapa tahun lalu. Saipul Anwar, jabatan fungsional kemasyarakatan DP3A Kukar, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan standarisasi terhadap lembaga pengasuhan alternatif yang ada di Kukar, seperti tempat penitipan anak, panti asuhan, dan rumah singgah. Standarisasi ini meliputi aspek legalitas, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan pelayanan.

“Kita ingin memastikan bahwa tempat penitipan anak itu betul-betul diawasi, baik oleh pihak lembaga maupun oleh pihak kami. Kita ingat peristiwa Yusuf di Samarinda itu jangan sampai terulang di Kukar. Nah, maka ada standarisasi lembaga pengasuhan alternatif itu,” kata Saipul, Jumat (8/12/2023).

Saipul menambahkan, selain standarisasi lembaga pengasuhan alternatif, DP3A Kukar juga berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur ramah anak di ruang publik, seperti taman, lapangan, dan tempat bermain. Ia mengapresiasi peran dunia usaha yang telah membantu membangun taman-taman di Kukar, namun ia juga menekankan pentingnya memenuhi standar ramah anak.

“Di Kukar ini banyak taman-taman yang sudah dibangun oleh pihak swasta, ini artinya dunia usaha membantu membuat taman. Tapi, adakah taman yang ramah anak di ruang publik? Ada contohnya taman pintar dan taman Ulin ini sudah di standarisasi,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya infrastruktur ramah anak, anak-anak di Kukar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, dan bahagia.

“Kita ingin anak-anak di Kukar merasa dihargai, dihormati, dan dilindungi. Kita ingin anak-anak di Kukar memiliki kesempatan yang sama untuk bermain, belajar, dan berkreasi. Kita ingin anak-anak di Kukar menjadi generasi yang cerdas, tangguh, dan berkarakter,” tutupnya. (*/Adv/dp3akukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: